Problematika Guru dalam Mendesain Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan Solusinya di MTs Sunan Kalijaga Pamekasan
مشكلات المدرس في تصميم خطة التدريس اللغة العربية وحلها في مدرسة سونان كليجاكا المتوسطة الإسلامية ببميكاسن
DOI:
https://doi.org/10.51339/muhad.v6i1.1516Keywords:
Problematika Guru, Desain RPP, Bahasa ArabAbstract
Penelitian ini membahas dua masalah, yaitu problematika guru dalam mendesain RPP dalam pembelajaran bahasa Arab dan metode mengatasi problem tersebut di kelas dua MTs Sunan Kalijaga Pamekasan. ..Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian kualitatif dengan studi deskriptif-analisis, sedangkan sumber data dalam penelitian ini adalah: guru bahasa Arab, beberapa siswa, dan kepala Madrasah. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : Pertama, Problematika Guru dalam mendesain RPP dalam pembelajaran Bahasa Arab diantaranya: 1) kurangnya pemahaman guru dalam menjabarkan KD. 2) Guru kurang bisa mendistribusikan alokasi waktu dengan baik, 3) kurangnya kompetensi pedagogic guru, 4). Minimnya sarana &prasarana yang memadai.; Kedua, cara guru dalam mengatasi masalah dalam mendesain RPP pembelajaran bahasa Arab yaitu: 1) melakukan tinjauan dan evaluasi kurikulum dengan menghadirkan ahli perencanaan pembelajaran, 2) guru mengikuti pelatihan pembelajaran yang diadakan oleh sekolah dan lembaga pendidikan lainnya, 3) adanya kolaborasi guru dalam penerapan desain pembelajaran berdasarkan arahan dari kepala sekolah, 4). Menambah koleksi sarana dan prasana. Hasil penelitian ini dapat menjadi rujukan & tambahan refrensi bagi para peneliti dan akademi pegiat bahasa Arab.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Habibur Rahman, Cicik Aini, Asni Furaida
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.