Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Pada Buku Ajar Maharah ‎Kalam Progam Studi Pendidikan Bahasa Arab IDIA Al-Amin Prenduan Sumenep

Authors

  • Dewi Nurhayati IDIA AL-AMIN PRENDUAN

Keywords:

Pembelajaran CTL‎, Buku Ajar‎, Maharah Kalam

Abstract

Model pembelajaran Contekstual teaching and learning merupakan pembelajaran yang holistik dan Natural untuk membantu iMahasiswa mempelajari materi ajar yang sesuai konteks dan mengkaitkannya idengan ikehidupan isehari-ihari baik pribadi dan iisosial. Sehingga Mahasiswa memiliki kemampuan untuk berkonstruksi secara aktif melalui pemahamannya.dalam hal ini, Model Pembelajaran CTL diterapkan melalui buku ajar keterampilan berbicara bahasa Arab. Data diporeleh dari hasil observasi dan wawancara dengan metode penelitian kualitatif dengan tujuan mengetahui model pembelajaran CTL pada buku ajar Maharah Kalam. Hasil penelitian menunjukkan pertama, bahwa model pembelajaran CTL pada buku ajar Maharah Kalam adalah model pembelajaran yang aplikatif dan mengajarkan mahasiswa belajar merdeka. Kedua:Model pembelajaran yang diterapkan pada penyusunan buku ajar meliputi seluruh aspek pembelajaran CTL yang tidak terfokus pada teori dan lebih dominan praktik. Ketiga: Model pembelajaran CTLpada buku ajar Maharah Kalam meliputi tema tema dan pembahasan yang berdekatan dengan lingkungan hidup sehari hari sehingga memberikan stimulus mahasiswa untuk meningkatkan daya imajinasi ta’bir bahasa lebih mudah dan bervariatif.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

08-12-2023

How to Cite

Dewi Nurhayati. “Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Pada Buku Ajar Maharah ‎Kalam Progam Studi Pendidikan Bahasa Arab IDIA Al-Amin Prenduan Sumenep”. Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 5, no. 2 (December 8, 2023): 245–254. Accessed April 22, 2024. https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/muhad/article/view/1521.