Pengaruh Program ODOJ (One Day One Juz) terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an di Pondok Pesantren Darul Ma’arif Putri Bojonegoro

Authors

  • Yusnia I’anatur Rofiqoh Universitas Islam Negeri Sunan Ampel
  • Lailatul Fitriyah IAI Sunan Giri Bojonegoro

Keywords:

Program ODOJ (One Day One Juz), Kemampuan Membaca Al-Qur’an, Pondok Pesantren

Abstract

Agama Islam adalah agama yang mengandung jalan hidup manusia yang paling sempurna dan memuat ajaran yang menuntun umat manusia kepada kebahagiaan dan kesejahteraan, dapat diketahui dasar-dasar dan perundang-undangannya melalui al Qur’an. al Qur’an merupakan sumber utama dan mata air yang memancarkan ajaran Islam. Fenomena yang telah terjadi pada saat ini banyak santri yang belum lancar dalam membaca al Qur’an, bahkan sudah tidak menjadi Rahasia umum bahwa tidak semua santri rajin dan gemar membaca al Qur’an, Dengan adanya Program ODOJ ini Santri dituntut untuk meluangkan Waktunya untuk Membaca al Qur’an, maka dengan berlakunya Program ODOJ di pondok pesantren Darul Ma’arif Putri ini membantu santri didalam mengatur kegiatan santri. Karena Banyak Santri lupa tanggung jawabnya untuk membaca al Qur’an pada waktu senggang. Dari hal tersebut Program ODOJ ini mengatasi masalah dalam membaca al Qur’an, membentuk karakter santri, dan pembiasaan untuk membaca al Quran secara terus menerus dan konsisten. Program ini menjelaskan tentang metode membaca satu hari satu juz. Tak perlu banyak cukup satu juz dalam sehari sehingga dalam satu bulan bisa khatam satu kali. Ditinjau dari pembagian juz al Qur’an terbagi dalam 30 juz yang tersebar dalam 114 surat. Pembagian al Qur’an menjadi 30 juz dimaksudkan untuk memudahkan mereka yang ingin menuntaskan membaca al Qur’an dalam 30 hari (satu bulan).

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

01-06-2020

How to Cite

Yusnia I’anatur Rofiqoh, and Lailatul Fitriyah. “Pengaruh Program ODOJ (One Day One Juz) Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Darul Ma’arif Putri Bojonegoro”. Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 2, no. 1 (June 1, 2020): 90–112. Accessed May 11, 2024. https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/muhad/article/view/153.