Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Think-Pair-Share untuk Meningkatkan Maharah Qiro’ah di Kelas VII MTs Al-Amin I Wonorejo Poncokusumo Malang
DOI:
https://doi.org/10.51339/muhad.v5i2.1532Keywords:
Model Pembelajaran, Kooperatif Think-Pair-Share, Maharah Qira'ahAbstract
Penelitan dilakukan di MTs Al-Amin I Wonorejo Poncokusumo Malang, dengan tujuan untuk menjelaskan pengaruh dan efektivitas model pembelajaran kooperatif think- pair-share untuk meningkatkan maharah qiro’ah. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat membaca siswa dan kurangnya penggunaan model pembelajaran yang mendukung. Jenis penelitian ini menggunakan kuantitatif eksperimen dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes tulis (pretest dan posttest) dan dokumentasi untuk mendapatkan informasi sekolah. Berdasarkan dari hasil penelitian ini maka dapat ditarik kesimpulan bahwa: 1)Terdapat pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan model pembelajaran kooperatif think-pair-share untuk meningkatkan maharah qiro’ah di kelas VII MTs Al-Amin I Wonorejo Poncokusumo Malang. Hal ini dapat dibuktikan dengan peningkatan hasil tes dengan rata-rat 49,23 dan meningkat menjadi 88,97. Berdasarkan hasil pengujian uji T yang berarti yang telah dlakukan, diperoleh nilai signifikan lebih kecil dari 0,05 (0,00<0,05) yang berarti Ha (hipotesis kerja) dalam penelitian ini diterima. 2)Nilai efektivitas model pembelajaran kooperatif think-pair-share memperoleh hasil 0,698 dari perhitungan effect size dengan kategori sedang sehingga dapat diartikan bahwa model pembelajaran koopertif think- pair-share efektif untuk meningkatkan maharah qiro’ah di kelas VII MTs Al-Amin I Wonorejo Poncokusumo Malang.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.