Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Think-Pair-Share untuk Meningkatkan Maharah Qiro’ah di Kelas VII MTs Al-Amin I Wonorejo Poncokusumo Malang

Authors

  • Moh. Mofid IAI Sunan Kalijogo Malang
  • Ning Riza Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang

DOI:

https://doi.org/10.51339/muhad.v5i2.1532

Keywords:

Model Pembelajaran, Kooperatif Think-Pair-Share, Maharah Qira'ah

Abstract

Penelitan dilakukan di MTs Al-Amin I Wonorejo Poncokusumo Malang, dengan tujuan untuk menjelaskan pengaruh dan efektivitas model pembelajaran kooperatif think- pair-share untuk meningkatkan maharah qiro’ah. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat membaca siswa dan kurangnya penggunaan model pembelajaran yang mendukung. Jenis penelitian ini menggunakan kuantitatif eksperimen dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes tulis (pretest dan posttest) dan dokumentasi untuk mendapatkan informasi sekolah. Berdasarkan dari hasil penelitian ini maka dapat ditarik kesimpulan bahwa: 1)Terdapat pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan model pembelajaran kooperatif think-pair-share untuk meningkatkan maharah qiro’ah di kelas VII MTs Al-Amin I Wonorejo Poncokusumo Malang. Hal ini dapat dibuktikan dengan peningkatan hasil tes dengan rata-rat 49,23 dan meningkat menjadi 88,97. Berdasarkan hasil pengujian uji T yang berarti yang telah dlakukan, diperoleh nilai signifikan lebih kecil dari 0,05 (0,00<0,05) yang berarti Ha (hipotesis kerja) dalam penelitian ini diterima. 2)Nilai efektivitas model pembelajaran kooperatif think-pair-share memperoleh hasil 0,698 dari perhitungan effect size dengan kategori sedang sehingga dapat diartikan bahwa model pembelajaran koopertif think- pair-share efektif untuk meningkatkan maharah qiro’ah di kelas VII MTs Al-Amin I Wonorejo Poncokusumo Malang.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

05-12-2023

How to Cite

Moh. Mofid, and Ning Riza. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Think-Pair-Share Untuk Meningkatkan Maharah Qiro’ah Di Kelas VII MTs Al-Amin I Wonorejo Poncokusumo Malang”. Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 5, no. 2 (December 5, 2023): 234–244. Accessed April 22, 2024. https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/muhad/article/view/1532.