Praktik Muhadasah sebagai Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas 1 Program Unggulan di MI Plus Al-Munjiyat Kota Kediri

Authors

  • Ukrowiyah State Islamic Intitute of Kediri
  • Fatikha Azzatunnuriyah State Islamic Intitute of Kediri, Indonesia

Keywords:

Muhadasah, Pembelajaran bahasa Arab, Strategi pembelajaran aktif

Abstract

Metode Muhadasah adalah salah satu metode yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab, khususnya untuk latihan keterampilan berbicara. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan praktik metode muhadasah di kelas MI Plus al-Munjiyat dan tanggapan dari siswa terhadap metode ini. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan analisis data disajikan secara deskriptif dan didukung oleh teori-teori yang relevan. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa penerapan praktik muhadasah di MI Plus al-Munjiyat dilakukan dengan menggunakan pembelajaran aktif dengan metode berpusat pada peserta didik dalam proses pembelajaran. Dengan metode pembelajaran interaktif ini, siswa menjadi lebih antusias dalam belajar bahasa Arab. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa praktik muhadasah adalah strategi yang tepat untuk diterapkan dalam pembelajaran bahasa Arab.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

28-06-2024

How to Cite

Ukrowiyah, and Fatikha Azzatunnuriyah. “Praktik Muhadasah Sebagai Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas 1 Program Unggulan Di MI Plus Al-Munjiyat Kota Kediri”. Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 6, no. 1 (June 28, 2024): 33–46. Accessed July 3, 2024. https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/muhad/article/view/1742.