Pengaruh Penerapan Drill Method terhadap Kemapuan Berbicara di Pondok Pesantrin Darul Lughah Wa Dirasatil Islamiyyah Seninan Akkor Palengaan Pamekasan Madura

Authors

  • Kunisy Fadiyah UIN Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.51339/muhad.v2i2.178

Keywords:

Pengaruh, Drill Metode, Keterampilan Berbicara

Abstract

Penelitian ini mencakup pertanyaan tentang apakah terdapat pengaruh Drill Method terhadap kemahiran berbicara bahasa Arab di pondok pesantren darul Lughah wa dirasatul islamiyyah Seninan Akkor Palengaan Pamekasan Madura. Adapun tujuan peneliti untuk mengetahui seberapa berpengaruhnya Drill Method terhadap kemahiran berbicara bahasa Arab di pondok pesantren darul Lughah wa dirasatul islamiyyah Seninan Akkor Palengaan Pamekasan Madura. Untuk menjawab rumusan masalah, peneliti menggunakan “Uji t” yaitu analisis regresi linier sederhana dengan menggunakan SPSS versi 25. Sedangkan untuk pengumpulan datanya dengan menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil sampel 53 santri yang ada. Jenis penelitian yang digunakan ini adalah penelitian regresi dengan pendekatan kuantitatif.

Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa, teradap pengaruh drill method terhadap kemahiran berbicara bahasa Arab di pondok pesantren darul Lughah wa dirasatul islamiyyah Seninan Akkor Palengaan Pamekasan Madura. Terdapat pengaruh yang signifikan, hal ini dapat dibuktikan dengan diprolehnya t hitung = 8,141 lebih besar dari t table = 1,671 dengan taraf signifikan 0,000 < 0,05.

Kata Kunci: Pengaruh, Drill Metode, Keterampilan Berbicara

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

15-12-2020

How to Cite

Kunisy Fadiyah. “Pengaruh Penerapan Drill Method Terhadap Kemapuan Berbicara Di Pondok Pesantrin Darul Lughah Wa Dirasatil Islamiyyah Seninan Akkor Palengaan Pamekasan Madura”. Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 2, no. 2 (December 15, 2020): 269–283. Accessed May 3, 2024. https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/muhad/article/view/178.