Pemanfaatan Media Kahoot dalam Pembelajaran Keterampilan Mendengarkan Bahasa Arab di IAI Sunan Kalijogo Malang

Authors

  • Achmad Busiri IAI Sunan Kalijogo Malang

DOI:

https://doi.org/10.51339/muhad.v2i2.209

Keywords:

Media Kahoot, Keterampilan mendengarkan

Abstract

Pandemi Covid-19 yang melanda dunia berpengaruh pada berbagai aspek kehidupan. Aspek Para Dosenan pun juga berpengaruh yaitu adanya kebijakan untuk belajar dirumah. Seluruh aktivitas disekolah terhenti dan berpindah dengan konsep pembelajaran berbasis online menggunakan beberapa platform digital atau aplikasi pembelajaran di android maupun laptop.
Sebagai Para Dosen yang memiliki peran penting dalam pengembangan inovasi, ide atau gagasan untuk pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran online. Salah satu dari beberapa platform digital yaitu platform kahoot yang merupakan platform berbasis kuis online, dimana para mahasiswa dapat merefleksikan langsung jawaban secara online dan kahoot mencatat semua aktivitas siswa yang dapat menjadi bahan resume penilaian bagi Para Dosen.
Penggunaan aplikasi kahoot selain dapat menampilkan teks materi pelajaran juga dapat memunculkan video yang terkoneksi dengan youtube dalam hal ini dapat menjadi media pembelajaran terutama bahasa asing untuk keterampilan mendengarkan. Bahasa Arab merupakan salah satu bahasa asing yang juga mengajarkan empat keterampilan yaitu keterampilan berbicara, mendengarkan, membaca, dan menulis. Keterampilan mendengarkan yang dimaksudkan yaitu sebagai kemampuan Mahasiswa untuk memahami bunyi/ujaran dalam bahasa Arab dengan baik dan benar.
Pembelajaran bahasa Arab menggunakan platform kahoot dalam keterampilan mendengarkan di era pandemi ini memiliki beberapa kelebihan, diantaranya: 1) Penggunaan platform kahoot menjadi salahsatu inovasi pembelajaran yang sangat menarik dan interaktif, 2) sesuai kreatifitas dan inovasi dalam membuat kuis keterampilan mendengarkan bahasa Arab, 3) Mahasiswa dapat mengerjakan kuis keterampilan mendengarkan dengan mudah karena video terhubung dengan youtube dan dapat diulang lebih dari satu kali, 4) Mahasiswa dan Para Dosen dapat memantau hasil ranking dari kuiz kahoot yang berlangsung secara online dan ditampilkan dari layar gawai sehingga antar Mahasiswa saling kompetitif untuk menjadi yang terbaik.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

07-12-2020

How to Cite

Busiri, Achmad. “Pemanfaatan Media Kahoot Dalam Pembelajaran Keterampilan Mendengarkan Bahasa Arab Di IAI Sunan Kalijogo Malang”. Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 2, no. 2 (December 7, 2020): 225–240. Accessed April 26, 2024. https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/muhad/article/view/209.