Pelatihan bagi Guru Bahasa Arab dalam Menggunakan Educandy sebagai Media Pembelajaran di Kabupaten Kampar

Authors

  • Rahmatika Halil UIN Suska Riau
  • Hakmi Wahyudi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim, Riau
  • Hary Darmawan Universitas Islam Riau
  • Kamaluddin Universitas Islam Riau
  • Novika Dwi Anjani Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim, Riau
  • Rika Noverma Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim, Riau
  • Helfi Rozalina Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim, Riau

Keywords:

Pelatihan, Bahasa Arab, Educandy

Abstract

Sebuah institusi dapat menyelenggarakan Program Pelatihan Bahasa Arab dengan tujuan untuk meningkatkan kemahiran individu atau kelompok dalam bahasa tersebut. 'Membuat belajar menjadi lebih manis' adalah tagline dari aplikasi web Ecandy. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana guru-guru bahasa Arab di Kabupaten Kampar dilatih untuk menggunakan media Educandy sebagai sumber belajar bahasa Arab. Metode penelitian kualitatif deskriptif digunakan dalam penelitian ini. Selain itu, strategi pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan mewawancarai para informan yang berperan sebagai tim pengabdian masyarakat yang menyelenggarakan pelatihan ini. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa para pengajar bahasa Arab di daerah Kampar dapat menghasilkan berbagai kegiatan pembelajaran yang menarik bagi para muridnya di dalam kelas dengan menerima pelatihan yang sangat baik ini, yang juga menawarkan banyak manfaat lainnya.Dan dengan menggunakan media Educandy ini guru bisa memberikan pembelajaran kosa kata serta kalimat Bahasa Arab menggunakan permainan yang menarik.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

28-06-2024

How to Cite

Halil, Rahmatika, Hakmi Wahyudi, Hary Darmawan, Kamaluddin, Novika Dwi Anjani, Rika Noverma, and Helfi Rozalina. “Pelatihan Bagi Guru Bahasa Arab Dalam Menggunakan Educandy Sebagai Media Pembelajaran Di Kabupaten Kampar”. Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 6, no. 1 (June 28, 2024): 1–15. Accessed July 3, 2024. https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/muhad/article/view/2116.