Pembelajaran Mufrodat Menggunakan Permainan Kartu Domino Untuk Kelas VII MTS. Darussalam Gapluk Purwosari Bojonegoro

Authors

  • Ahmad Amirul Kholid UIN Sunan Ampel Surabaya

Keywords:

Pembelajaran Mufrodat, Permainan Kartu Domino

Abstract

Abstrak: Penelitian ini mencakup dua permasalahan: Pertama, Adakah pengaruh kartu Domino terhadap pembelajaran Mufrodat kelas dua di Mts. Darussalam  Gapluk-Purwosari-Bojonegoro. Kedua, Bagaimana efektifitas pengaruh kartu Domino terhadap pembelajaran Mufrodat kelas dua di Mts. Darussalam  Gapluk-Purwosari-Bojonegoro. Adapun tujuan peneliti terhadap penelitian ini adalah: Pertama, untuk mengetahui adanya pengaruh kartu Domino terhadap pembelajaran Mufrodat kelas dua di Mts. Darussalam Gapluk-Purwosari-Bojonegoro. Kedua, untuk mengetahui efektifitas pengaruh kartu Domino terhadap pembelajaran Mufrodat kelas dua di Mts. Darussalam  Gapluk-Purwosari-Bojonegoro.

Jenis penelitian Survei menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan menggunakan metode (pra-Eksperimen). Adapun pengumpulan data, peneliti menggunakan metode Tes, Angket, dan Dokumentasi. Adapun untuk menganalisis informasi yang mencapai penelitian ini, peneliti menggunakannya Uji-T untuk analisis yang diinginkan. Adapun hasil dari penelitian ini adalah adanya pengaruh kartu Domino terhadap pembelajaran Mufrodat kelas dua di Mts. Darussalam  Gapluk-Purwosari-Bojonegoro , karena nilai to lebih besar dari nilai t-test sehingga asumsi pencarian negatif (Ho) dikembalikan dan hipotesis jawaban penelitian (Ha) dapat diterima. Adanya efektifitas pengaruh kartu Domino dengan melihat hasil statistik dengan simbol uji-t yakni 13,59 maka diambil kesimpulan sebagai nilai dalam tabel derajat adalah 1% dan 5%, dan adanya peningkatan yang siginifikan yakni 5% dari jumlah sampel 23 yakni 2,07 dan pada tingkat 1% 2,82 sehingga diketahui dengan perbandingan antara t- Tes yang diperoleh adalah 2,82< 13,59> 2,07. Dan melihat skor verbal berarti di level "baik".

Kata Kunci: Pembelajaran, Mufrodat , kartu Domino.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

09-12-2020

How to Cite

Ahmad Amirul Kholid. “Pembelajaran Mufrodat Menggunakan Permainan Kartu Domino Untuk Kelas VII MTS. Darussalam Gapluk Purwosari Bojonegoro”. Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 2, no. 2 (December 9, 2020): 255–268. Accessed March 29, 2024. https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/muhad/article/view/213.