Minat Belajar Siswa dan Media Arabic Domino Card untuk Materi Qawaid

Authors

  • Muhammad Rosihan Anwar Anwar UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Nuril Mufidah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Keywords:

Media pembelajaran, Kartu domino, Qowaid, Minat belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi media pembelajaran Arabic domino card untuk pembelajaran qawaid dan pengaruhnya terhadap minat belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian kelas 10 sejumlah 54 siswa di MAN 1 Kota Kediri, Indonesia tahun 2024. Teknik pengumpulan data dengan pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Milles& Hubberman. Hasil penelitian menunjukkan implementasi media pembelajaran Arabic domino card dilakukan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada Tahap perencanaan terdapat penentuan tujuan pembelajaran, penentuan bahan untuk media, dan pengembangkan rencana instrumen penilaian. Tahap implementasi dimulai dari pemaparan materi qawaid hingga menentukan pemenang permainan. Pada tahap evaluasi, media ini mendapatkan apreasiasi positif dari guru pamong dan siswa, tetapi kekurangan media ini adalah bahan yang kurang ideal. Berdasarkan lembar hasil angket, minat belajar bahasa arab siswa dengan menggunakan media ini pada kategori cukup tinggi mencapai 74% (40 dari 54 siswa), presentse kategori sangat tinggi 20% (11 dari 54 siswa) dan presentase kategori cukup rendah 6% (3 dari 54 siswa).  Adapun berdasarkan lembar hasil observasi, minat belajar bahasa arab siswa sangat baik dengan terlaksananya 7 dari 9 indikator aspek minat belajar bahasa arab.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

28-06-2024

How to Cite

Anwar, Muhammad Rosihan Anwar, and Nuril Mufidah. “Minat Belajar Siswa Dan Media Arabic Domino Card Untuk Materi Qawaid”. Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 6, no. 1 (June 28, 2024): 47–60. Accessed July 3, 2024. https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/muhad/article/view/2366.