Peran Bahasa Pergaulan Santri Dalam Meningkatkan Kemahiran Berbahasa Arab Santri Di Pondok Pesantren Daarul Lughoh Wa Da'wah

Authors

  • Muhammad Alghiffary UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Ahmad Faizal Afi Karomi UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Midyan Abd Wahid UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Syahril Viori UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.51339/muhad.v6i1.2496

Keywords:

Bahasa pergaulan santri, Bahasa Arab, Ponpes Dalwa

Abstract

Penelitian tentang peran bahasa pergaulan santri dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Arab di ponpes Dalwa memiliki nilai penting diantaranya bahasa Arab merupakan bahasa pengantar utama dalam proses pembelajaran di Ponpes Dalwa. Kemampuan santri dalam berbahasa Arab secara lisan dan tulisan menjadi kunci utama dalam memahami materi pelajaran dan berkomunikasi dengan efektif di lingkungan pesantren. Kedua, bahasa pergaulan santri di Ponpes Dalwa memiliki kekhasan tersendiri yang berbeda dengan bahasa Arab standar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam peneitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kesimpulan penilitian ini yaitu bahwa Bahasa pergaulan santri memiliki peran penting dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Arab di Pondok Pesantren Dalwa. Santri menggunakan bahasa pergaulan Arab dalam berbagai aktivitas sehari-hari, seperti saat bercakap-cakap, bermain, dan belajar. Hal ini membantu santri untuk memperkaya kosakata, meningkatkan keterampilan berbicara, dan memahami budaya Arab.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

30-06-2024

How to Cite

Muhammad Alghiffary, Ahmad Faizal Afi Karomi, Midyan Abd Wahid, and Syahril Viori. “Peran Bahasa Pergaulan Santri Dalam Meningkatkan Kemahiran Berbahasa Arab Santri Di Pondok Pesantren Daarul Lughoh Wa Da’wah”. Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 6, no. 1 (June 30, 2024): 61–72. Accessed November 21, 2024. https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/muhad/article/view/2496.