Efektivitas Media Canva dalam Pembelajaran Bahasa Arab Guna Meningkatkan Penguasaan Mufrodat Siswa Kelas VII SMP Sunan Kalijogo 2 Jabung Malang

Authors

  • Moh. Mofid IAI Sunan Kalijogo Malang
  • Bilghis Lu’luil Malihatus Sya’bah Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang

Keywords:

Efektivitas, Pembelajaran, Media Canva, Mufrodat

Abstract

Pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran sangat diperlukan dalam hal mendesain, menganalisis, mengevaluasi, mengembangkan dan mengimplentasikan materi dalam proses pembelajaran. Canva merupakan aplikasi yang hadir dalam ramainya dunia teknologi. Dengan menggunakan media ini, pembelajaran bahasa Arab dapat memudahkan siswa dalam memahami materi serta dapat meningkatkan penguasaan mufrodat siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan langkah-langkah penggunaan media Canva dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas VII SMP Sunan Kalijogo 2 Putri. 2) Untuk mengetahui efektivitas penggunaan media Canva dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas VII SMP Sunan Kalijogo 2 Putri. Untuk mencapai tujuan diatas, digunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Instrumen penelitian berupa soal pre-test dan post-test dan teknik pengumpulkan data yang digunakan adalah dokumentasi dan metode tes. Data dianalisis menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas, mendeskripsikan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Penerapan pembelajaran mufrodat melalui media Canva pada pembelajaran bahasa Arab terhadap hasil belajar siswa kelas VII A di SMP Sunan Kalijogo 2 Jabung Malang terbilang berhasil, Artinya media Canva memiliki efektivitas dalam pembelajaran bahasa Arab dan dapat meningkatkan penguasaan mufrodat siswa, hal ini dapat dilihat dari antusis dan respon siswa ketika belajar dengan menggunakan media Canva. 2) Hasil belajar siswa kelas VII di SMP Sunan Kalijogo 2 Jabung Malang mengalami peningkatan setelah pembelajaran. Sebelum diterapkannya media Canva nilai rata-rata pre-test siswa kelas eksperimen (VII A) berjumlah 56,5. Setelah diterapkannya media Canva rata-rata nilai post-test naik sebanyak 69,1. Sedangkan pada kelas kontrol (VII B), rata-rata hasil belajar siswa sebelumnya adalah 39,1. Setelah dilakukan post-test rata-rata hasil belajar berjumlah 46. Efektivitas dapat dilihat dari perolehan hasil belajar siswa di kelas eksperimen (VII A) yaitu 69,1. Dan perolehan tersebut bisa dibandingkan dengan hasil belajar pada kelas kontrol (VII B) yaitu sebesar 46.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

09-07-2024

How to Cite

Moh. Mofid, and Bilghis Lu’luil Malihatus Sya’bah. “Efektivitas Media Canva Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Guna Meningkatkan Penguasaan Mufrodat Siswa Kelas VII SMP Sunan Kalijogo 2 Jabung Malang”. Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 6, no. 1 (July 9, 2024): 98–118. Accessed July 27, 2024. https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/muhad/article/view/2536.