Pembentukan Lingkungan Bahasa Arab dalam Meningkatkan Penguasaan Bahasa Arab di Pesantren Al Ishlah Tajug Indramayu
Keywords:
Lingkungan Bahasa Arab, Pembelajaran Bahasa Arab, Keterampilan BerbahasaAbstract
Pembelajaran bahasa Arab dianggap tidak mudah namun pembelajaran bahasa Arab semakin mendapat perhatian serius dari berbagai lembaga pendidikan, baik formal maupun non-formal. Maraknya lembaga pendidikan yang mengajarkan bahasa Arab, strategi pengajaran bahasa Arab di berbagai jenjang pendidikan di Indonesia juga semakin berkembang dengan kemajuan ilmu pengetahuan diantara banyaknya startegi pengajaran bahasa Arab yang banyak digunakan di lembaga pendidikan adalah lingkungan berbahasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui startegi pembelajaran bahasa Arab yang efektif dalam meningkatkan kemampuan santri dalam berbahasa. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian pembimbing bagaian bahasa pesantren Al Ishlah Tajug Indramayu yang berjumlah 11 orang, dan objek penelitian ini adalah seluruh santri pesantren Al Ishlah Tajug dari kelas 1-6 yang berjumlah 618 orang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara dan observasi. Adapaun hasil dari penelitian ini adalah lingkungan berbahasa di Pesantren Al-Ishlah Tajug bertujuan meningkatkan keterampilan bahasa Arab santri melalui kegiatan seperti ilqaul mufradat, al-muhadatsah al-yaumiyyah, muhadharah munaqasyah, menonton film bahasa Arab, mendengar lagu bahasa Arab, permainan kebahasaan, arabic drama contest, dan lomba pidato bahasa Arab. Meski efektif, tantangan yang dihadapi meliputi rasa takut berbuat salah, inkonsistensi penggunaan bahasa, kurangnya partisipasi guru non-bahasa, dan efektivitas hukuman yang belum optimal.
Downloads
References
Abdullah, Irhamudin, Novita Rahmi, and Walfajri Walfajri. “Pembentukan Lingkungan Bahasa Arab Untuk Mengembangkan Keterampilan Berbicara.” Taqdir 6, no. 2 (2021): 71–83. https://doi.org/10.19109/taqdir.v6i2.6283.
Amin, Nur Fadilah, Kamaluddin Abu Nawas, and Andi Abdul Hamzah. “Terjemah Dari Masa Ke Masa (Sebuah Telaah Historis Teori Terjemah Bahasa Arab).” Al-Maraji’ : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 7, no. 1 (2023): 22–38. https://doi.org/10.26618/almaraji.v7i1.11901.
Andriani Djakfar, Fera. “Analisis Problematika Pembentukan Lingkungan Bahasa Arab (Studi Kasus Di Prodi PBA STAI Syaichona Moh. Cholil Bangkalan).” Qismul Arab: Journal of Arabic Education 2, no. 1 (2022): 19–30. https://journal.staisyaichona.ac.id/index.php/qismul_arab/article/view/22/28.
Astuti, Rini, and Albarra Sarbaini. “Strategi Pembentukan Lingkungan Berbahasa Arab Di Madrasah Aliyah.” An Nabighoh: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Arab 22, no. 01 (2020): 17. https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v22i01.2075.
Awwaludin, Muhammad, Stevan Malik, and Nopri Dwi Siswanto. “Pembentukan Lingkungan Bahasa Arab Dalam Meningkatkan Penguasaan Bahasa Arab Pada Pesantren Bahasa Arab (MIM LAM).” Definisi: Jurnal Agama Dan Sosial-Humaniora 1, no. 1 (2022): 55–64.
Barlian, Eri. Metodologi Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Padang: Sukabina Press, 2016.
Khairani, Putri, and Sahrun Nisa. “SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW (SLR): PERAN LINGKUNGAN DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN SISWA BERBAHASA INDONESIA” 4 (2024): 742–49.
Mahmudi, Ihwan, Yulianur Zulkarnain, Agus Yasin, Nurkholis Majid, and Kamaluddin. “PENERAPAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SANTRIWATI PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR PUTRI KAMPUS 2” 21, no. 1 (2024): 67–80.
Majid, Muhamad Nurkolis, and Siti Sanah. “تحليل الأخطاء النحوية في قراءة نص مادة القراءة” 3, no. 2 (2024): 212–23.
Nurbaiti, Anna, and Rhomiy Handican. “Systematic Literature Review (SLR): Peran Lingkungan Dalam Meningkatkan Keterampilan Siswa Berbahasa Arab.” Kilmatuna 4, no. 3 (2023): 742–49. https://doi.org/10.58578/masaliq.v4i3.3064.
Nurkholis, Nurkholis. “Analisis Kesalahan Berbahasa Dalam Bahasa Arab.” Al-Fathin: Jurnal Bahasa Dan Sastra Arab 1, no. 01 (2018): 10. https://doi.org/10.32332/al-fathin.v1i01.1186.
Rachmawati, Miatin. “Pembentukan Lingkungan Bahasa Arab Berbasis ‘Bi’Ah Lughowiyyah’ Mahasiswa Pba (Pendidikan Bahasa Arab) Uhamka Jakarta (Strategi Dan Implementasi).” Al-Fakkaar 2, no. 2 (2021): 62–81. https://doi.org/10.52166/alf.v2i2.2632.
Rahim Marpaung, Willi, and Zulfahmi Lubis. “Strategi Penerapan Lingkungan Bahasa Arab Dalam Meningkatkan Kemahiran Berbahasa Arab Di Pesantren Modern Darussalam.” Inspiratif Pendidikan 12, no. 1 (2023): 183–91. https://doi.org/10.24252/ip.v12i1.39073.
Rahman, Aulia. “Peran Lingkungan Bahasa Arab Dalam Meningkatkan Penguasaan Bahasa Arab Pada Pesantren Izzur Risalah Panyabungan.” Prosiding Konferensi Nasional I Hasil Pengabdian Masyarakat 1, no. 1 (2021): 83–92.
Said, Sayuti Atman. “Pengelolaan Lingkungan Berbahasa Arab Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Madrasah Aliyah Insan Cendikia Halmahera Barat.” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 9, no. 1 (2022): 5–24. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/5510/5/BAB 2.pdf.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Fitraman Fathian, Muhamad Nurkolis Majid, Muhamad Haikal Maghribi, Ade Nandang
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.