Penggunaan Aplikasi Puzzlemaker Sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Mufrodat Bahasa Arab
Keywords:
Puzzlemaker, Evaluasi, Pembelajaran, MufrodatAbstract
Evaluasi perlu dilakukan setelah terlaksananya suatu proses pembelajaran, termasuk pembelajaran mufrodat bahasa arab. Evaluasi pembelajaran mufrodat bahasa arab bertujuan untuk melihat dan mengetahui ketercapaian pemahaman siswa terhadap materi mufrodat yang telah diajarkan. Namun seringkali kegiatan evaluasi masih dilakukan dengan cara tradisional yaitu dengan menggunakan tes tulis dan tes lisan. Evaluasi pembelajaran mufrodat dapat dilakukan dengan media permainan salah satu media evaluasi berbasis permainan adalah aplikasi puzzlemaker. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan aplikasi puzzlemaker sebagai media evaluasi pembelajaran mufrodat siswa MTs Negeri 2 Sidoarjo. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII B MTs Negeri 2 Sidoarjo yang berjumlah 32 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan evaluasi pembelajaran mufrodat bahasa arab dikelas VIII B MTs Negeri 2 Sidoarjo berbantuan aplikasi puzzlemaker berdampak positif. Hal ini ditandai dengan siswa merasa senang, antusias, lebih bersemangat dalam mengerjakan dan menikmati seluruh rangkaian tahapan evaluasi pembelajaran mufrodat. Sehingga berpengaruh juga terhadap hasil belajarnya.
Downloads
References
Abdussamad, Zuchri. Metode Penelitian Kualitatif. Edited by Patta Rapanna. Makassar: Syakir Media Press, 2021.
Asrul, Abdul Hasan, and Mukhtar. Evaluasi Pembelajaran. Medan: Perdana Publishing, 2022.
Aulia, Rambu, Nasrun, Iskandi, and Thaib Rizki. “Peran Media Dalam Pembelajaran Mufrodat.” Al-Mu’arrib: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol. 2, No (2021): 44.
Djamaluddin, Ahdar, and Wardana. Belajar Dan Pembelajaran. Edited by Awal Syaddad. 1st ed. Sulawesi Selatan: CV. Kaffah Learning Center, 2019.
Dkk, Sudirman. Metodologi Penelitian 1. Bandung: CV. Media Sains Indonesia, 2023.
Dr. Asyraf Suryadin, M.Pd., and M.Ed. Haiyudi, S.Pd. Evaluasi Pembelajaran Di Sekolah. Purbalingga: CV. Eureka Media Aksara, 2023.
Eva Listiani, Pance Mariati,Chusnul Khotimah, Nurul Hidayati. “Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Media Puzzle MakerKelas V SDKhadijah 3 Surabaya.” Indonesian Research Journal on Education 4 (2024): 776.
Fikriasari, Dian Nur. “Penggunaan Puzzle Sebagai Evaluasi Penguasaan Mufrodat Dalam Pembelajaran Bahasa Arab.” In Peran Mahasiswa Bahasa Arab Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0, 195. Malang, 2020.
Hijriyah, Umi. Analisis Pembelajaran Mufrodat Dan Struktur Bahasa Arab Di Madrasah Ibtidaiyah. Surabaya: CV. Gemilang, 2018.
Muchtar, Ilham. “Peningkatan Penguasaan Mufradat Melalui Pengajian Kitab Pada Mahasiswa Ma’Had Al-Birr Unismuh Makassar.” Al-Maraji’ : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 2, no. 2 (2018): 14–26. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/al-maraji/article/view/1978.
Ramadani, Alfira. “Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Crossword Puzzle Berbasis Aplikasi Puzzlemaker Terhadap Hasil Belajar Biologi Konsep Kingdom Animalia Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Maros.” Jurnal Binomial Vo. 2, No. (2019): 1–12.
Ratnawulan, Elis, and Rusdiana. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Pustaka Setia Bndung, 2015.
Surya, Wiene, and Karina Wanda. “Penerapan Pembelajaran Media Puzzlemaker Berbasis Artificial Intelligence Pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah.” Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran Vol. 6, No (2023): 986–992.
Susiawati, Wati. “Kajian Bahasa Aran Dari A History Hingga Historis.” Alfaz Vo. 7, No. (2019): 44.
Susilawat & Ardiansyah, dkk. Media Dan Teknologi Pendidikan. Widina Bhakti Persada Bandung. Bandung: Widina Bhakti Perasada Bandung, 2023.
Widyantara, IMS, and IW Rasna. “Penggunaan Media Youtube Sebelum Dan Saat Pandemi Covid-19 Dalam Pembelajaran Katerampilan Berbahasa Peseta Didik.” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia Vol. 9, No (2020): 114–115.
Al Yamin, Daud Lintang. “Bahasa Arab Sebagai Identitas Budaya Islam Dan Pemersatu Keberagaman Suku.” Ta’limi | Journal of Arabic Education and Arabic Studies 2, no. 1 (2023): 73–86.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dennisa Zebrillianti, Muhammad Afifudin Dimyathi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.