Pendekatan Problem Solving dalam Pengajaran Bahasa Arab di Masa Pandemi

Authors

  • Achmad Busiri IAI Sunan Kalijogo Malang

DOI:

https://doi.org/10.51339/muhad.v3i1.291

Keywords:

Problem Solving, Pembelajaran Bahasa Arab, Masa Pandemi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis lebih dalam tentang proses pembelajaran bahasa Arab di SMA Sunan Kalijogo Malang; dan memetakan permasalahan yang muncul dalam proses pembelajaran bahasa Arab tersebut; serta berupaya menemukan solusi guna mengatasi kendala-kendala dan permasalahan yang muncul dalam pembelajaran bahasa Arab di SMA Sunan Kalijogo Malang. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian kualitatif yang berbentuk deskriptif analitis dan hasilnya digambarkan dengan kata-kata menurut kategori untuk memperoleh kesimpulan. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan metode; (1) Observasi; (2) Wawancara; (3) Dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini yaitu guru di kelas VII, dan objek dalam penelitian ini adalah murid kelas VII di SMA Sunan Kalijogo Malang.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) Proses pembelajaran bahasa Arab di SMA Sunan Kalijogo Malang masih dalam proses pemantapan dan evaluasi menuju ke tahap yang lebih baik dan maju. (2) Problematika yang muncul dalam pembelajaran bahasa Arab di SMA Sunan Kalijogo Malang adalah: kurangnya pemahaman siswa terhadap materi yang diberikan oleh guru, motivasi belajar siswa rendah, minimnya kompetensi beberapa guru dan permasalahan manajemen kurikulum. (3) Upaya yang dilakukan sebagai solusinya adalah dengan meningkatkan kepedulian guru kepada murid, memberi nasihat dan mendiklatkan guru agar lebih kompeten.

Kata kunci: Problematika, Pembelajaran Bahasa Arab, Guru, SMA Sunan Kalijogo Malang

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

07-06-2021

How to Cite

Busiri, Achmad. “Pendekatan Problem Solving Dalam Pengajaran Bahasa Arab Di Masa Pandemi”. Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 3, no. 1 (June 7, 2021): 1–14. Accessed July 3, 2024. https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/muhad/article/view/291.