Penerapan Pembelajaran Daring di Paud Baiturrahman di Masa Pandemi Covid 19

Authors

  • Muhammad Holimi IAI Sunan Kalijogo Malang

DOI:

https://doi.org/10.51339/muhad.v3i1.299

Keywords:

Pembelajaran Daring, Paud Al-Quran Baiturrahman, Pandemi Covid-19

Abstract

Pada masa pandemi covid 19 ini semua lembaga pendidikan tanpa terkecuali harus melakasanakan proses belajar mengajar secara daring. Namun hal ini butuh kesiapan para guru dan para murid dalam melaksanakannya. Khususnya di Paud Baiturrahman yang merupakan lembaga pendidikan anak usia dini, merupakan tantangan yang besar dalam mendidik anak-anak melalui daring. Butuh kesiapan orang tua untuk selalu mendampingi putra-putrinya selama proses pembelajaran daring di masa pandemi covid 19.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran daring di Paud Baiturrahman di Perum Bukit Cemara Tidar Krangbesuki Sukun Malang sebagai lembaga pendidikan di masa pandemi covid-19. Subjek penelitian ini adalah Kepala sekolah, guru dan orang tua. Data primer diperoleh melalui wawancara yang mendalam dengan subjek penelitian yang dilanjutkan dengan observasi dan dokumentasi sebagai proses awal analisis. Selanjutnya, dianalisis dengan mereduksi dan mengklsifikasikan data. Setiap analisis dinarasikan secara deskriptif dan disimpulkan sesuai dengan pertanyaan rumusan masalahnya.

Berdasarkan hasil identifikasi, penerapan pembelajaran daring selama pandemi Covid-19 di Paud Baiturrahman di Perum Bukit Cemara Tidar Krangbesuki Sukun Malang dilakukan melalui tahapan tujuan, perencanaan, materi, pelaksanaan, dan evaluasi. Pembelajaran daring menggunakan aplikasi Zoom dan WhatsApp yang tergabung dalam WhatsApp Group. Pelaksanaan pembelajaran daring yang dilaksanakan meliputi kegiatan pembukaan, kegiatan inti, permainan  dan evaluasi pembelajaran daring yang berisi penilaian terhadap hasil kegiatan anak yang dikirim melalui video, foto, dan voicenote dan digunakan sebagai dasar penilaian harian, mingguan, bulanan, dan akhir semester.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

07-06-2021

How to Cite

Muhammad Holimi. “Penerapan Pembelajaran Daring Di Paud Baiturrahman Di Masa Pandemi Covid 19”. Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 3, no. 1 (June 7, 2021): 31–42. Accessed April 23, 2024. https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/muhad/article/view/299.