Perkembangan Bahasa Arab di Indonesia

Authors

  • Evi Nurus Suroiyah IAI Sunan Kalijogo Malang
  • Dewi Anisatuz Zakiyah IAI Sunan Kalijogo Malang

DOI:

https://doi.org/10.51339/muhad.v3i1.302

Keywords:

Perkembangan, Pembelajaran, Bahasa Arab

Abstract

Perkembangan bahasa Arab di Indonesia bersamaan dengan masuknya Islam ke wilayah nusantara. Bahasa Arab dipelajari semata-mata sebagai alat untuk mempelajari dan memperdalam agama Islam. Seiring berjalannya waktu bahasa Arab mempunyai daya magnet tersendiri terbukti banayaknya pelajar yang tertarik memperdalam bahasa Arab diluar maupun didalam negeri sehingga metode pengajarannya bervariasi dan mampu menciptakan ahli-ahli di bidang bahasa Arab yang secara aktif karena menguasai empat segi kemahiran bahasa : istima’ (mendengar), kalam (berbicara), Qiro’ah (membaca) dan Kitabah (menulis). Para ahli bahasa Arab menekankan bahwa bahasa Arab bukan hanya alat untuk beribadat seperti sholat dan mengaji. Dikarenakan bahasa Arab merupakan bahasa Al-Qur’an, melainkan juga perlu dipelajari dari segi kebahasaannya juga sehingga terciptalah metode terbaru sesuai perkembangan zaman agar bahasa Arab dipelajari sebagai tujuan belajar dan mempunyai magnet tersendiri dibandingkan dengan bahasa Asing lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

07-06-2021

How to Cite

Evi Nurus Suroiyah, and Dewi Anisatuz Zakiyah. “Perkembangan Bahasa Arab Di Indonesia”. Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 3, no. 1 (June 7, 2021): 60–69. Accessed April 26, 2024. https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/muhad/article/view/302.