Urgensi pembelajaran bahasa arab sebagai bahasa kedua di Pondok Pesantren Ngalah Pasuruan
Keywords:
Bahasa Arab, Pembelajaran, Pondok PesantrenAbstract
Pembelajaran Bahasa Arab di Pondok Pesantren Darut Ngalah Pasuruan memiliki urgensi yang tinggi dalam membekali santri dengan pemahaman mendalam terhadap ajaran Islam. Bahasa Arab tidak hanya menjadi alat penting dalam memahami teks agama seperti Al-Qur'an dan Hadits, tetapi juga memperkuat identitas keislaman santri di era global. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran dan manfaat pembelajaran Bahasa Arab sebagai bahasa kedua di pesantren ini. Menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini mengamati metode pembelajaran, suasana lingkungan pesantren, serta manfaat akademik dan sosial yang diperoleh santri dari penguasaan Bahasa Arab. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan pesantren yang mendukung penggunaan aktif Bahasa Arab membantu santri menginternalisasi bahasa ini secara alami, mempercepat proses belajar, dan meningkatkan keterampilan komunikasi lintas budaya. Penguasaan Bahasa Arab juga membuka akses bagi santri ke literatur Islam yang lebih luas dan mempersiapkan mereka untuk studi lanjutan di institusi pendidikan Islam internasional. Dengan demikian, pembelajaran Bahasa Arab di Pondok Pesantren Darut Ngalah memiliki peran strategis dalam membentuk santri sebagai pemimpin Muslim yang kompeten dan siap menghadapi tantangan global.
Downloads
References
Ali, Ibadurrahman, Nabila Nabila, Friske Tuli, and Mohamad Lahay. “Telaah Kurikulum Bahasa Arab Di Pondok Pesantren.” Al-Kilmah 2, no. 2 (2023): 25–36.
Annisa, Maryam Nur, and Randi Safii. “Needs Analysis of Challenges in Learning Arabic as a Foreign Language in Higher Education: Perspectives of Students and Lecturers.” ELOQUENCE : Journal of Foreign Language 2, no. 2 (2023): 313–328.
Busiri, Ahmad. “Urgensi Metode Keterampilan Membaca Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Kampus IAI Sunan Kalijogo Malang.” Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 2, no. 1 (2020): 1–15.
Efendi, Syaichon Yusuf. “Analisis Pembelajaran Nahwu Dengan Metode Sorogan Dan Bandongan Di Pondok Pesantren Ngalah Pasuruan.” Universitas Pendidikan Indonesia, 2023.
Fais, Hasbulloh. “Penerapan Metode Amsilati Dalam Membaca Kitab Kuning Santri Di Pondok Pesantren Ngalah Asram ‘F.’” Universitas Yudharta Pasuruan, 2023.
Halim, Rafiq A. “Peluang Global Bagi Santri Berbahasa Arab.” Islamic World Review 10, no. 2 (2024).
Hidayatulloh, Alif F. Praktik Bahasa Arab Di Lingkungan Pesantren. Bandung: Mizan, 2023.
Jannah, Karomatul. “Problematika Pembelajaran Maharah Kalam Pada Program Pengembangan Bahasa Asing Pondok Pesantren Ngalah Purwosari.” Impressive Journal of Education 1, no. 2 (2023): 62–70.
Khamidah, Nanda Nur, and Nurrokhmatulloh. “Pengaruh Lagu Bahasa Arab Dengan Menggunakan Media Audio Visual Terhadap Penguasaan Mufradat.” Jurnal Mu’allim 6, no. 2 (2024): 319–331.
Khoirun Nisa’a, Ananda. “Pengaruh Penguasaan Buku Amtsilati Terhadap Maharah Qira’ah Santri Pondok Pesantren Ngalah Purwosari Pasuruan.” Impressive Journal of Education 1, no. 1 (2023): 2829–1468. https://journal.satriajaya.com/index.php/ijoe.
Nasution, Ali Fuddin, Supriyansyah Lumbu, and Lukman Hakim Nasution. “Management Developing Competence of the Arabic Teachers in Pesantren Mawaridussalam Deli Serdang, North Sumatra.” Studi Arab 14, no. 1 (2023): 1–9.
Rasyidin, and Radinal Mukhtar Harahap. “Digitalisasi Pembelajaran Bahasa Arab: Gerakan Peningkatan Antusias Santri Dan Narasi Adaptasi Pesantren Terhadap Perkembangan Teknologi.” Journal on Education 6, no. 2 (2024): 12976–12984.
Ruslan, and Musbaing. “Pembelajaran Bahasa Arab Dengan Pendekatan Tafsir Al-Quran.” Didaktika: Jurnal Kependidikan 12, no. 3 (2023): 215–229.
Salim, Nur K. “Peran Bahasa Arab Sebagai Identitas Di Pondok Pesantren.” Jurnal Pendidikan Islam 15, no. 2 (2023).
Saputri, Novianti Dwi. “Implementasi Metode Amsilati Dalam Mempermudah Membaca Dan Memaknai Kitab Kuning Di Pondok Pesantren Ngalah Purwosari Pasuruan.” Universitas Yudharta Pasuruan, 2023.
Sholiha, Amila, and Bunga Aisahrani, Asa, Ismia. “The Use of Mnemonic Method and Its Implications for Arabic Learning.” Studi Arab 14, no. 1 (2023): 29–42.
Syarifah, Lailatus, Ali Mohtarom, Ahmad Marzuki, and Achmad Yusuf. “Implementasi Metode Talaqqi Untuk Mempermudah Proses Hafalan Pada Santri Tahfidz Asrama H Pondok Pesantren Ngalah Purwosari Pasuruan.” Risalah:Jurnal Pendidikan dan Studi Islam 9, no. 2 (2023): 482–493.
Wasil, Ahmad. “Studi Genealogi Pendidikan Pesantren KH. Achmad Qusyairy Manshur Mojokerto.” Al-Ittishol: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam 4, no. 1 (2023): 100–116.
Wasil, Ahmad, and Muhammad Tajuddin. “Pemikiran KH. M. Sholeh Bahruddin Dan Praktiknya Dalam Toleransi Beragama Di Pondok Pesantren Ngalah Pasuruan (The Thought of KH. M. Sholeh Bahruddin and His Practices in the Religious Tolerance in Pondok Pesantren Ngalah Pasuruan).” Potret Pemikiran 25, no. 1 (2021): 75–90.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ahmad Wasil
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.