Modul Kemahiran Menulis Bahasa Arab Dengan Pendekatan Permainan Ular Tangga di Ma Sirajut Thalibin
Keywords:
Modul, Permainan Ular Tangga, Kemahiran Menulis, Bahasa ArabAbstract
Salah satu keterampilan penting dalam pembelajaran bahasa Arab adalah keterampilan menulis. Namun, aktivitas pengajaran keterampilan menulis tidak berjalan dengan baik saat digunakan. Jika guru mengajar dengan cara yang monoton, siswa akan kesulitan memahami pelajaran karena pembelajaran masih terpusat pada guru. Sebaliknya, metode kreatif harus digunakan untuk mengajar siswa bahasa asing. untuk menumbuhkan minat siswa dalam bahasa asing, khususnya bahasa Arab, guru harus menggunakan pendekatan dan permainan pembelajaran yang menarik. Permainan ular tangga adalah salah satu cara untuk belajar menulis bahasa Arab. Salah satu permainan tradisional anak-anak Indonesia, permainan ini tidak hanya mudah dimainkan, tetapi juga mendidik dan menghibur. Mereka juga sangat interaktif saat dimainkan bersama. Permianan menggunakan metode 4D yaitu model pengembangan empat dimensi yang mencakup pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Namun peneliti hanya sebatas pada pendefinisian dan perancangan data berupa respon dan komentar merupakan target pengguna model. tujuan penelitian ini diantaranya memudahkan siswa MA kelas X sirajut thalbin mampu menulis Bahasa arab dengan baik ban benar dengan tema “arriyadiyah” sumbangsih yang paling utama adalah terkhusus untuk para guru Bahasa arab biar bisa menerapkan modul ini dengan baik.
Kata Kunci : Modul, Permainan Ular Tangaa, Kemahiran Menulis, Bahasa Arab
Downloads
References
Achmad, [, Robith Khusni, Hasan Aziz, Achmad Robith Khusni, Negeri Sunan, Ampel Surabaya, and Khusnirobit@yahoo Com. “Jurnal Bahasa Arab Dan Pendidikan Bahasa Arab Januari” 2, no. 1 (2021).
Amril, Khairalfi Jumanisa, and Harris Effendi Thahar. “Pengembangan Modul Elektronik Menulis Teks Cerpen Berbasis Project Based Learning Bagi Siswa Kelas XI SMA.” Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya 5, no. 3 (August 13, 2022): 715–730.
Dara, Nasita, Husnul Khatimah, and Laily Fitriani. “Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Fun Learning Dengan Media Permainan Ular Tangga Di MI Al-Muhtadin Arso VI.” Tsaqofiya : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab 4, no. 2 (August 16, 2022): 291–302.
Dinata, Rahmat Satria, and Fitrah Dinanti Massofia. بالمدرسة الثامن الصف لطلبة ال و ارد و نامج بر باستخدام المفردات تعليم وسيلة ير تطو الحكومية ية الثانو 1 ييامان بار. Thariqah Ilmiyah; Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan Dan Bahasa Arab. Vol. 10, 2022.
Khaerotin, Rahmah. “Pengembangan Multimedia Interaktif 3D Aurora Presentation Untuk Keterampilan Menulis Bahasa Arab.” al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 5, no. 1 (July 1, 2019): 1–18.
Maisaroh, Siti, Amrini Shofiyani, and Siti Sulaikho. “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SMART SNAKE DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB.” Allahjah 5, no. 2 (2020).
Maryani, Yani, Heni Nafiqoh, and Ghina Wulan Suci. “Pengembangan Permainan Ular Tangga Huruf Hijaiyyah Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyyah Kelas B RA Futuuhiyah Cipanas-Cianjur.” Journal of Islamic Early Childhood Education (JOIECE): PIAUD-Ku 1, no. 2 (November 28, 2022): 70–79.
Modul Pembelajaran Berbasis Keterampilan Literasi, Pengembangan, Sitti S Fatimah Sirate Sekolah Tinggi Ilmu Pendidikan dan Keguruan YPUP Makassar, and Sekolah Tinggi Ilmu Pendidikan dan Keguruan YPUP Makassar. PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS KETERAMPILAN LITERASI Risky Ramadhana, n.d.
Shofiyani, Amrini, and Erma Muti’ah. IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS MEDIA ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI PONDOK PESANTREN AN-NASHRIYAH TAMBAK BERAS JOMBANG, n.d.
Ulin Nuha, Nazahah, Itsna Mayfatul Chasanah, Stai Muhammadiyah Probolinggo, and Gondanglegi Wetan. Ular Tangga" Dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab 47 | Al-Ibtidaiyah. Vol. 3, 2022.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Achmad Robith Khusni, Ahmad Muzammil
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.