Analisis Kesulitan Maharah Istima’ dalam Menguasai Bahasa Arab di Tingkat Sekolah Dasar

Authors

  • Saila Rizkiyati UIN K.H. Abdurrahman Wahid
  • Diva Khasanadia UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Moh. Nurul Huda UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan

Keywords:

Analisis, Kesulitan Belajar Siswa, Maharah Isima’

Abstract

Keterampilan mendengarkan (maharah istima') merupakan salah satu kemampuan dasar yang diperlukan dalam mempelajari bahasa, baik bahasa asing maupun bahasa ibu. Meski dianggap sebagai keterampilan reseptif yang relatif lebih mudah dibandingkan dengan keterampilan lainnya, pada kenyataannya, maharah istima' seringkali kurang mendapat perhatian serius dari para guru bahasa. Akibatnya, hasil pembelajaran pada aspek ini kurang optimal, dan siswa menghadapi berbagai kesulitan dalam belajar keterampilan mendengarkan. Hal ini juga dialami oleh siswa SDI Kergon 2, di mana masih ditemukan sejumlah kesulitan dalam proses pembelajaran maharah istima'.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara, kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan cara reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi: (1) Kesulitan belajar bahasa Arab dalam maharah istima' pada siswa SDI Kergon 2. (2) Faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan tersebut. (3) Upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar bahasa Arab pada aspek mendengarkan.Hasil penelitian menunjukkan: (1) Siswa SDI Kergon 2 mengalami berbagai kesulitan dalam belajar maharah istima', antara lain kesulitan membedakan bunyi huruf hijaiyah, kesulitan memahami kosakata (mufradat) yang didengar, dan kesulitan memahami kalimat secara keseluruhan. (2) Faktor penyebab kesulitan tersebut meliputi latar belakang siswa, metode pengajaran yang digunakan, kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur'an, motivasi dan semangat belajar siswa, kurikulum yang diterapkan, serta kondisi lingkungan kelas. (3) Untuk mengatasi kesulitan tersebut, guru melakukan berbagai upaya, seperti menggunakan metode dan media pembelajaran yang variatif dan sesuai dengan kemampuan siswa, menciptakan lingkungan berbahasa Arab, serta mendorong siswa untuk lebih aktif mengaji sebagai bagian dari pembelajaran.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, Irhamudin, Novita Rahmi, and Walfajri Walfajri. (2021). “Pembentukan Lingkungan Bahasa Arab Untuk Mengembangkan Keterampilan Berbicara.” Taqdir 6, no. 2: 71–83. https://doi.org/10.19109/taqdir.v6i2.6283.

Ali Al-Kamil,Muhammad. Muhammad Saleh Al-Din. (2012). Pemimpin untuk Mengajarkan Keterampilan Mendengarkan. Malang: Penerbit Universitas Mawlana Malik Ibrahim Malang.

Binmuslim, Novrizal. (2019). “Belajar Dan Pembelajaran Tujuan Belajar Dan Pembelajaran” 09, no. 02: 193–210. https://www.coursehero.com/file/52663366/BELAJAR-DANPEMBELAJARAN1-convertedpdf/.

Emda, Amna. (2017). “Kedudukan Motivasi Dalam Pembelajaran.” Lantanida Journal 5, no. 2: 93–196.

Dewi Rahmawati Noer Jannah. (2020). Kesulitan Menyimak Siswa Kelas Rendah pada Pembelajaran Bahasa Indonesia.

Dharma, Surya. 2008. Modul Guru Pembelajar.

Gabriel Serani, Ilinawati, & Lidia Heni. (2020). Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Menggunakan Media Gambar Pada Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar Negeri 43 Tapang Aceh Tahun Ajaran 2019/2020. Kansasi, 5.

Haslia, Hera, Dkk. (2022). Kajian Kurikulum Sekolah Dasar Dan Pengembangannya.

Kastam Syamsi. (2005). Penerapan Strategi Pembelajaran Kosakata Pembahasan Hasil Penelitian “Upaya Peningkatan Interaksi dan Aktifitas Belajar dalam Pembelajaran Kosakata dengan Strategi Analisis Fitur Semantik.” Litera, 4.

Marlina. (2019). Asesmen Kesulitan Belajar. Jakarta Timur: Prenadmedia Group.

Mufidah, Nuril, and Imam Zainudin. “Metode Pembelajaran Al-Ashwat” 4, no. 2 (n.d.): 199–218.

Muhammad, Iman. Efektivitas Teknologi Augmented Reality dalam Mengembangkan Keterampilan Pembedaan Suara pada Anak Tunarungu di Taman Kanak-Kanak.

Mutawalli, Fikri Latif. (2010). Masalah Pendidikan: Perkembangan – Akademik. Riyadh: Maktabah Ar-Rushd.

Rokhhmatulloh, Nur. (2017). “STUDI ARAB: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Metode Pembelajaran Bahasa Arab”. 8 https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/studi-arab.

Sugiyanto. “Diagnostik Kesulitan Belajar (DKB).” Negeri Semarang, no. 0274 (2016): 1–20. www.uny.ac.id%0Asugiyanto@uny.ac.id. Suparyanto dan Rosad. “Teori Belajar Pavlov, Baruda, Dan Koneksionisme.” Suparyanto Dan Rosad (2015 5, no. 3 (2020): 248– 53.

Sumihatul Ummah, & Eko Ariwidodo. (2012). Problematika dalam Belajar Listening Comprehension yang Dihadapi oleh Mahasiswa Semester III Tadris Bahasa Inggris STAIN Pamekasan. Nuansa, 9.

Suparyanto dan Rosad. “Teori Belajar Pavlov, Baruda, Dan Koneksionisme.” Suparyanto Dan Rosad (2015 5, no. 3 (2020): 248– 53.

Surya Dharma. “Modul Guru Pembelajar,” 2008, 2016.

Downloads

Published

21-12-2024

How to Cite

Rizkiyati, Saila, Diva Khasanadia, and Moh. Nurul Huda. “Analisis Kesulitan Maharah Istima’ Dalam Menguasai Bahasa Arab Di Tingkat Sekolah Dasar”. Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 6, no. 2 (December 21, 2024): 250–262. Accessed December 22, 2024. https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/muhad/article/view/3176.