Problematika Implementasi Metode Take and Give Dalam Pembelajaran Maharatul Kalam di Kelas XI Bahasa SMA Sunan Kalijogo Malang
Keywords:
Implementasi, Metode, Take and Give, Maharatul kalamAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang terjadi di kelas XI Bahasa SMA Sunan Kaliogo Malang, partisipasi dan keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran bahasa Arab masih rendah. Dalam mengikuti pembelajaran sebagian siswa kurang termotivasi. Kurang optimalnya keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran seperti menjawab pertanyaan dari guru dan menanggapi pertanyaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi metode Take and Give dalam pembelajaran maharah kalam di kelas XI Bahasa SMA Sunan Kalijogo Malang serta untuk mengetahui kendala dan problematikanya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan jenis penelitian studi lapangan. Metode pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Data kemudian di analisis dengan menggunakan teknik analisis induktif. dan diuji keabsahannya menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa persiapan awal sebelum melaksanakan metode Take and Give dalam pembelajaran maharah kalam adalah persiapan materi dan penyesuaian RPP. Yaitu dengan menentukan materi yang akan dipelajari siswa, menjelakan secara singkat terkait materi, menjelaskan pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan berkelompok atau individu untuk berdiskusi, membahas pertanyaan, memberi penjelasan dan ulasan secukupnya pada akhir pembelajaran. Adapun kendala dalam menggunakan metode Take and Give dalam pembelajaran maharah kalam yaitu, dalam proses pembelajaran materi masih terpaku pada buku paket atau LKS, keterbatasan waktu dan pembiasaan yang menyebabkan siswa tidak terbiasa dan kurang percaya diri dalam berkomunikasi, minim dalam penguasaan kosakata sehingga mempersempit komunikasi terkait materi yang ingin disampaikan dan diterima, keterbatasan dalam penglompokan siswa sesuai kemampuan akademik dalam pembelajaran maharah kalam.
Downloads
References
Dony Handriawan, Nurman. “Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab I.” Sanabil Publishing, 2021, 172–73.
Dr.Hj.Herliani, M.Pd. Dr. Didimus Tanah Boleng, M.Kes. Dr. Elsye Theodora Maasawet, M.Pd. Teori Belajar Dan Pembelajaran. Jawa Tengah: Lakeisha, 2021.
Khasanah, Nginayatul. “PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SEBAGAI BAHASA KEDUA ( UREGENSI BAHASA ARAB DAN PEMBELAJARANNYA DI INDONESIA ),” n.d.
Mailani, Okarisma, Irna Nuraeni, Sarah Agnia Syakila, and Jundi Lazuardi. “Bahasa Sebagai Alat Komunikasi Dalam Kehidupan Manusia.” Kampret Journal 1, no. 1 (2022): 1–10. https://doi.org/10.35335/kampret.v1i1.8.
Muradi, Ahmad. “TUJUAN PEMBELAJARAN BAHASA ASING (ARAB) DI INDONESIA.” AL-MUQOYIS I, no. 1 (2013): 142.
nasution sahkholid. “PEMBENTUKAN LINGKUNGAN BAHASA ARAB DI PERGURUAN TINGGI KEAGAMAAN ISLAM.” Jurnal Sains Dan Seni ITS 6, no. 1 (2020): 1–124. http://repositorio.unan.edu.ni/2986/1/5624.pdf%0Ahttp://fiskal.kemenkeu.go.id/ejournal%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.cirp.2016.06.001%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.powtec.2016.12.055%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ijfatigue.2019.02.006%0Ahttps://doi.org/10.1.
Rosyidi, Abd Wahab, and Mamlu`atul Ni`mah. Memahami Konsep Dasar Pembelajaran Bahasa Arab. UIN MALIKI PRESS. Cet 1. Vol. 3. Malang: UIN-MALIKI PRESS, 2011. http://repository.uin-malang.ac.id/1236/1/Buku Memahami Konsep Dasar.pdf.
Rosyidi, Abdul Wahab. “Menengok Kembali Kurikulum Bahasa Arab Dan Pembelajarannya.” Makalah Pendampingan Guru BA MI, no. November (2012).
Salamah, Husniyatus. Model Dan Strategi Pembelajaran Aktif. Surabaya, 2010.
Sari sasi gendro, dea aulya. Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. LP2M UST Jogja, 2022.
Taubah, Miftachul. “Maharah Dan Kafa’ah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab.” Studi Arab 10, no. 1 (2019): 32. https://doi.org/10.35891/sa.v10i1.1765.
Taufik. Pembelajaran Bahasa Arab MI. PMN Surabaya, 2011.
Wahyuningsih, Sri. “PENERAPAN MEDIA POP-UP BOOK UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB MTS NURUL JIHAD KOTA BIMA” 6, no. 2 (2022): 1–14.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Moh. Mofid, Asa Nufa Quthrunnada
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.