Peran Teknologi dalam Pembelajaran Bahasa Arab Maharah Kalam Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab

Authors

  • Usrotin Anjani UIN KH Abdurrahman Wahid
  • Aniq Farkhanah
  • Putri Karimaturrizqi
  • Moh. Nurul Huda

Keywords:

Arabic Language, Maharah Kalam, Teknologi

Abstract

Perkembangan teknologi informasi memiliki potensi besar dalam meningkatkan keterampilan berbicara (maharah kalam) mahasiswa di UIN KH Abdurrahman Wahid Pekalongan. Kesulitan yang sering dialami mahasiswa dalam praktik berbicara sering kali disebabkan oleh minimnya interaksi dan sumber belajar yang memadai. Penelitian ini berfokus pada eksplorasi peran teknologi dalam mengatasi tantangan tersebut dan mendukung peningkatan kemampuan berbicara. Tujuan utamanya adalah menganalisis dampak teknologi terhadap kemampuan berbahasa Arab, khususnya pada aspek maharah kalam mahasiswa di Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA). Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif, data dikumpulkan melalui platform pembelajaran daring dan wawancara dengan dosen serta mahasiswa dengan memanfaatkan teknologi, seperti aplikasi pembelajaran dan video interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknologi berperan penting dalam pengembangan kemampuan berbicara mahasiswa, terutama melalui aplikasi pembelajaran bahasa, media sosial, dan platform online yang mendukung latihan berbicara dan interaksi dengan penutur asli. Meskipun demikian, penelitian ini juga mencatat beberapa kendala, seperti terbatasnya akses internet dan rendahnya literasi digital mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adeline, C, and I Irwansyah. “Determinisme Teknologi: Penggunaan ICT Dalam Pembelajaran Daring.” Jurnal Nomosleca 8, no. 1 (2022). https://doi.org/10.26905/nomosleca.v8i1.7041.

Al-Ahdal, A A M H, F S S Alfallaj, S A Al-Awaied, and A A Al-Hattami. “A Comparative Study of Proficiency in Speaking and Writing among EFL Learners in Saudi Arabia.” American International Journal of Contemporary Research 4, no. 2 (2014): 141–49.

Albantani, A M, and A Madkur. “Musyahadat Al Fidyu: YouTube-Based Teaching and Learning of Arabic as Foreign Language (AFL).” Dinamika Ilmu 17, no. 2 (2017): 291–308.

Apriadi, A. “Memanfaatkan Kemajuan Teknologi Sebagai Sarana Pembelajaran Maharah Kalam Di Madrasah Aliyah.” In Seminar Nasional Bahasa Arab Mahasiswa V Tahun 2021, 2021.

Arsyad, A. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2010.

Azhar, W K. “Peran Teknologi Dalam Transformasi Pembelajaran Bahasa Arab Di Indonesia.” Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 2023.

Creswell, J W. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. 4th ed. SAGE Publications, 2014.

Denzin, N K, and Y S Lincoln, eds. The SAGE Handbook of Qualitative Research. 4th ed. SAGE Publications, 2011.

Dooly, M, and R O’Dowd. Telecollaboration and Virtual Exchange across Disciplines: In Service of Social Inclusion and Global Citizenship, 2018.

Ertmer, P. “Perubahan Teknologi Guru: Bagaimana Pengetahuan, Kepercayaan Diri, Keyakinan, Dan Budaya Saling Bersinggungan.” Jurnal Penelitian Teknologi Pendidikan, 2010, 255–84.

Haryadi, H. Pengantar Pengajaran Bahasa Arab, 2009.

Ilyan, A F. Al-Maharat Al-Lughawiyah: Mahiyatuha Wa Thara’iq Tadrisiha. Riyadh: Dar al-Muslim Li al-Nasyr wa al-Tauzi, 1992.

Jalinus, N, and Ambiyar. Media Dan Sumber Pembelajaran. 1st ed. Kencana, 2016.

Maula, Islahul. “Tantangan Dalam Pembelajaran Maharah Kalam.” Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 2024.

Miles, M B, A M Huberman, and J Saldana. Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. 3rd ed. SAGE Publications, 2014.

Mishra, P, and M J Koehler. “Technological Pedagogical Content Knowledge: A Framework for Teacher Knowledge.” Teachers College Record 108, no. 6 (2006): 1017–54.

Muamaroh, D N N, and S Fikri. “Digitalisasi Media Pembelajaran Kalam Melalui Aplikasi Tik Tok.” Tarling: Journal of Language Education 7, no. 1 (2023).

Patton, M Q. Qualitative Research & Evaluation Methods: Integrating Theory and Practice. 4th ed. SAGE Publications, 2015.

Rahmah, S. “Pembelajaran Bahasa Arab Di Era Globalisasi: Studi Kasus Di Indonesia,” 2015.

Rahman, A. “Motivasi Dalam Pembelajaran Bahasa Arab: Sebuah Pendekatan Psikologis,” 2020.

Rahman, A, and R Hidayat. “Efektivitas Teknologi Pembelajaran Untuk Maharah Kalam Dalam Bahasa Arab.” Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 2019.

Ritonga, M, A Nazir, and S Wahyuni. “Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di Kota Padang.” Arabiyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban 3, no. 1 (2016): 1–12.

Thoha, M. “Pembelajaran Bahasa Arab Dengan Pendekatan Manajemen Berbasis Sekolah.” Okara: Jurnal Bahasa Dan Sastra 7, no. 1 (2012): 79–90.

Wahab, M A. “Pengembangan Media Pembelajaran Inovatif Dalam Pembelajaran Bahasa Arab.” In Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab, 1:211–20, 2015.

Yin, R K. Case Study Research and Applications: Design and Methods. 6th ed. SAGE Publications, 2018.

Downloads

Published

21-12-2024

How to Cite

Usrotin Anjani, Aniq Farkhanah, Putri Karimaturrizqi, and Moh. Nurul Huda. “Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Maharah Kalam Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab”. Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 6, no. 2 (December 21, 2024): 232–249. Accessed January 22, 2025. https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/muhad/article/view/3242.