Pembelajaran Mufrodat dengan Metode Bernyanyi di Gubuk Baca Kalpataru Dusun Bendrong

Authors

  • Muhammad Holimi IAI Sunan Kalijogo Malang
  • Nur Faizah Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang

DOI:

https://doi.org/10.51339/muhad.v3i2.369

Keywords:

Pembelajaran Mufrodat, Metode Bernyanyi, Gubuk Baca Kalpataru

Abstract

Bahasa arab adalah salah satu Bahasa asing yang diajarkan di Lembaga-lembaga sekolah mulai dari sekolah dasar sampai perguruan tinggi. Tak hanya pada Lembaga-lembaga formal, dalam bimbingan belajar atau kelompok belajar juga memberikan pembelajaran Bahasa arab seperti halnya di Gubuk Baca Kalpataru Dusun Bendrong, KKN mahasiswa IAI Sunan Kalijogo Jabung menerapkan pembelajaran Bahasa arab mengenai pembelajaran mufrodat. Hal demikian dikarenakan salah satu keterampilan berbahasa yang harus dikuasai adalah keterampilan berbicara. Sehingga untuk terampil dalam berbicara Bahasa arab, maka seseorang harus menguasai banyak mufrodat terlebih dahulu. Untuk mencapai keberhasilan dalam bimbingan belajar mufrodat Bahasa arab ini, maka dibutuhkan suatu metode yang menarik untuk memudahkan seorang siswa dalam menerima materi pembelajaran. Salah satu metode yang digunakan dalam bimbingan belajar mufrodat Bahasa arab di Gubuk Baca Kalpataru Dusun Bendrong adalah dengan metode bernyanyi.
Pembelajaran mufrodat dengan metode bernyanyi Bahasa arab ini dilakukan dengan memberikan mufrodat dengan tema tertertu, misalkan mufrodat tentang العدد (bilangan ata angka) maka anak-anak diberikan materi mufrodat tersebut. Setelah anak-anak memahami materi mufrodat, maka dilanjutkan dengan bernyanyi sesuai dengan materi mufrodat yang telah disampaikan. Dengan adanya metode ini diharapkan dapat memberikan solusi untuk mempermudah anak-anak dalam belajar mufrodat Bahasa arab dan juga menjadi daya tarik mereka untuk belajar Bahasa arab lebih lanjut.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

16-12-2021

How to Cite

Muhammad Holimi, and Nur Faizah. “Pembelajaran Mufrodat Dengan Metode Bernyanyi Di Gubuk Baca Kalpataru Dusun Bendrong”. Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 3, no. 2 (December 16, 2021): 120–138. Accessed July 20, 2024. https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/muhad/article/view/369.