Strategi Belajar Metakognitif Bahasa Arab

(Strategi Memusatkan, Mengatur & Merencanakan dan Mengevaluasi Pembelajaran)

Authors

  • Achmad Busiri IAI Sunan Kalijogo Malang

DOI:

https://doi.org/10.51339/muhad.v3i2.381

Keywords:

Proses Belajar, Strategi Metakognitif, Bahasa Arab

Abstract

Proses belajar yang dilakukan peserta didik sebaiknya memiliki strategi belajar. Peserta didik yang aktif dalam belajar memiliki strategi belajar yang dapat menambah minat belajar yang baru dan memperbaiki proses belajar terhadap pembelajaran. Strategi kognitif terbagi menjadi tiga jenis yaitu: strategi mengulang, strategi organisasi dan strategi elaborasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah strategi kognitif dalam pembelajaran bahasa Arab.
Strategi pembelajaran dosen cenderung selalu mendapat perhatian sehingga kerap kali strategi belajar mahaanak didik diabaikan. Sedangkan strategi belajar anak didik termasuk unsur penting dalam berhasilnya suatu pembelajaran. Strategi belajar anak didik merupakan salah satu faktor dari dalam diri mahaanak didik berupa kemampuan strategi dalam cara belajar. Studi ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi belajar bahasa Arab berbagai faktor pendukung dan penghambatnya. Dengan pendekatan metode kualitatif deskriptif menunjukan bahwa strategi yang dominan digunakan dalam belajar bahasa Arab adalah strategi metakognitif.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

16-12-2021

How to Cite

Busiri, Achmad. “Strategi Belajar Metakognitif Bahasa Arab : (Strategi Memusatkan, Mengatur & Merencanakan Dan Mengevaluasi Pembelajaran)”. Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 3, no. 2 (December 16, 2021): 106–119. Accessed July 20, 2024. https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/muhad/article/view/381.