Implementasi Pengelolaan Bilingual Area Ramah Anak

Authors

  • Mansur Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul Ulum Pamekasan
  • Rofiqi Institut Agama Islam Al-Khairat Pamekasan

Keywords:

Implementasi, Pengelolaan, Bilingual Area Ramah Anak

Abstract

Penelitian ini berangkat dari fenomina penerapan blingualisme yang tidak ramah anak dengan penerapannya banyak melakukan hukuman-hukuman fisik. Melalui permasalah tersebut muncullah ide baru untuk melahirkan program blingualisme ramah anak di Pondok Pesantren Ummul Quro As-suyuty Kabupaten Pamekasan. Penelitian ini terdiri dari tiga fokus penelitian yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pada pelaksanaan Blingual Area Ramah anak di pondok Pesantren Ummul Quro As-Suyuty. Sedangkan metodelogi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan tekhnik pengumpulan datanya terdiri dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah: Pertama. Perencanaan yang bersifat fisik atau materil dan non materil meliputi: (a) sejumlah aktifitas yang tercakup dalam berbagai lembaga pendidikan, (b) kebutuhan manusia akan lembaga pendidikan, (c) perencanaan fasilitas fisik yang berkaitan dengan proses dan tekhnik, (d) administrasi gedung dan peralatan sekolah. Kedua. Sedangkan Pelaksanaannya menjadi dua sistem yaitu 1 minggu Bahasa Arab dan 1 minggu Bahasa Inggris. Para siswa dan guru-guru madrasah dituntut untuk menggunakan bahasa resmi kapan dan dimanapun mereka berada. Ketiga: evaluasi yang dilakukan adalah berbentuk laporan-laporan tertulis dari bagian Departemen Peenelitian dan Pengembangan  terkait dengan perkembangan kebahasaan santri dan kendala-kendala yang dihadapi serta solusi-solusi yang akan dilakukan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

28-12-2019

How to Cite

Mansur, and Rofiqi. “Implementasi Pengelolaan Bilingual Area Ramah Anak”. Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 1, no. 2 (December 28, 2019): 183–202. Accessed November 25, 2024. https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/muhad/article/view/42.