Analisa Butir Soal Ujian Madrasah Bahasa Arab Menurut Taksonomi Bloom

Authors

  • Iis Makhisoh STAI At Tahdzib
  • Evi Nurus Suroyya Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang

Keywords:

Bahasa Arab, Madrasah Aliyah, Taksonomi Bloom, Ujian Madrasah

Abstract

Penelitian ini fokus pada kesesuaian setiap butir soal ujian akhir bahasa Arab dengan kisi-kisi Ujian Madrasah yang ditetapkan kementerian Agama tahun 2021 serta mengukur tingkat validitas soal sebagai tolak ukur kelayakan instrument penilaian dipadukan dengan taksonomi bloom. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuantitatif non eksperimental. data utama ialah butir-butir soal bahasa Arab, serta standar kisi-kisi UM Kementerian Agama 2021. Data penunjang yakni butir-butir jawaban siswa untuk mengukur reliabilitas dan validitas. Analisa kesesuaian soal dengan kisi-kisi dari pemerintah menggunakan skala prosentase yang dikombinasikan dengan taksonomi Bloom. Kualitas butir soal bahasa Arab UM yang dibuat oleh MGMP Bahasa Arab Kab Jombang menunjukkan validitas yang cukup tinggi. dengan skor kesesuaian 92% . skor maksimal 100% tidak tercapai karena terdapat Kompetensi Dasar yang tidak dipakai sebagai butir soal. Analisa Taksonomi Bloom menunjukkan butir soal yang digunakan dalam Ujian Madrasah MAN di Jombang sebagian besar berada pada level kognitif pertama dari taksonomi Bloom yaitu 17 soal atau 42,5%. Soal-soal yang masuk dalam Level 2 sebanyak 11 soal atau 27,5%. Soal-soal ujian akhir bahasa Arab di level ini hanya ada 12 soal atau 30%

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

01-07-2022

How to Cite

Iis Makhisoh, and Evi Nurus Suroyya. “Analisa Butir Soal Ujian Madrasah Bahasa Arab Menurut Taksonomi Bloom”. Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 4, no. 1 (July 1, 2022): 40–52. Accessed July 20, 2024. https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/muhad/article/view/501.