Strategi Pembelajaran Bahasa Arab dengan Menggunakan Model Window Shopping

Authors

  • Lisa Widya Universitas Islam Negeri Mataram
  • Malik Ibrahim Universitas Islam Negeri Mataram
  • Ibnu Aufa Universitas Islam Negeri Mataram
  • Nurjulia Hasana Universitas Islam Negeri Mataram
  • Siti Rosyidah Az-zahra Universitas Islam Negeri Mataram
  • suparmanto Suparmanto Universitas Islam Negeri Mataram

Keywords:

Strategy Arabic Language Learning, Window Shopping

Abstract

Pembelajaran bahasa Arab merupakan pembelajaran bahasa asing yang dianggap sulit oleh sebagian besar peserta didik, meskipun sebenarnya pembelajaran bahasa Arab itu mudah. Sebuah pembelajaran dibutuhkan penggunaan strategi pembelajaran agar peserta didik tidak merasa kesulitan. Strategi pembelajaran bahasa Arab dilakukan agar peserta didik dapat menerima materi lebih efektif dan efisien. Pemilihan strategi harus berdasarkan kemahiran berbahasa yang diajarkan kepada peserta didik. Dalam merancang strategi pembelajaran ada beberapa komponen yang harus diperhatikan, yaitu kegiatan pembelajaran pendahuluan, penyampaian informasi, partisipasi peserta didik, tes, dan kegiatan lanjutan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian yang kami lakukan lewat pengamatan, bahwa metode pembelajaran dengan menggunakan model window shopping mampu meningkatkan daya emosional antar mahasiswa untuk menemukan pengetahuan baru dan dapat merangsang daya ingat jika sesuatu yang ditemukan itu dilihat secara langsung.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

22-12-2022

How to Cite

Widya, Lisa, Malik Ibrahim, Ibnu Aufa, Nurjulia Hasana, Siti Rosyidah Az-zahra, and suparmanto Suparmanto. “Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Dengan Menggunakan Model Window Shopping”. Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 4, no. 2 (December 22, 2022): 53–62. Accessed December 22, 2024. https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/muhad/article/view/667.