Implementasi Kitab Jurumiyah pada Santri Kelas 4 Madrasah Diniyah Sunan Kalijogo Jabung

Authors

  • Muhammad Holimi IAI Sunan Kalijogo Malang

Keywords:

Kitab Jurumiyah, Madrasah Aliyah

Abstract

Ilmu Nahwu adalah salah satu ilmu yang menjadi dasar dalam memahami Al-Quran dan kitab-kitab yang menjadi sumber hukum islam. Diantara kitab-kitab ilmu nahwu adalah kitab Jurumiyah. Kitab ini biasanya diajarkan dilembaga-lembaga pendidikan islam seperti madrasah diniyah dan pondok pesantren. Dengan menguasai ilmu nahwu kita dapat memahami kitab-kitab turats yang biasa disebut kitab kuning. Namun implementasi kitab Jurumiyah ini kurang membantu para santri dalam memahami ilmu Nahwu dengan baik. Dengan demikian penulis melakukan penelitian mengenai implementasi kitab Jurumiyah Pada Santri kelas 4 Madrasah Diniyah Sunan Kalijogo Jabung.
Adapun rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah a) bagaimana implementasi kitab jurumiyah pada santri kelas 4 madarasah diniyah sunan kalijogo jabung., b) apasaja kendala dan solusi dalam pembelajaran kitab jurumiyah pada santri kelas 4 madrasah diniyah sunan kalijogo jabung. Penelitan ini berujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan bagaimana implementasi kitab Jurumiyah serta apa saja kendala yang dihadapi dalam proses pembelajaran kitab jurumiyah pada santri kelas 4 madrasah sunan kalijogo jabung.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertempat di madrasah diniyah sunan kalijogo jabung malang. Pengumpulan data dilakukan melalui obesevasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dengan mendeskripsikan data yang telah dikumpulkan dan disimpulkan.
Hasil penelitian menunjukkan: a) Implementasi Kitab Jurumiyah pada Santri kelas 4 Madrasah Diniyah Sunan Kalijogo Jabung menggunakan metode gramatika dan terjemah sehingga para santri mampu membaca kitab berbahasa arab dengan benar. b)Adapun kendala yang ada dalam pembelajaran Kitab Jurumiyah ini adalah sebagian santri masih ada yang belum bisa mengucapkan huruf-huruf hijaiyah. Materi kitab Jurumiyah ini bisa dikatakan sangat simple sehingga butuh referensi dari kitab-kitab yang lain agar santri mendapatkan pemahaman ilmu nahwu yang luas.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

22-12-2022

How to Cite

Muhammad Holimi. “Implementasi Kitab Jurumiyah Pada Santri Kelas 4 Madrasah Diniyah Sunan Kalijogo Jabung”. Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 4, no. 2 (December 22, 2022): 63–75. Accessed April 29, 2024. https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/muhad/article/view/688.