Design Pembelajaran Bahasa Arab pada Era New Normal di Institut Agama Islam Sunan Kaliogo Malang

Authors

  • Moh. Mofid IAI Sunan Kalijogo Malang

DOI:

https://doi.org/10.51339/muhad.v4i2.689

Keywords:

Design, Pembelajaran Bahasa Arab, Era New Normal

Abstract

Abstrak: Pandemi yang melanda Indonesia sejak, arah pembelajaran yang dulu dilaksanakan secara tatap muka kini berganti menjadi pembelajaran yang mengacu kepada teknologi dan kegiatan proses belajar mengajar dilakukan dari rumah. Dengan demikian, desain pembelajaran bahasa Arab juga berubah, untuk keberlangsungan pendidikan dibutuhkanlah Teknologi dan berbagai design pembelajaran sebagai solusinya. Tidak heran jika dalam masa pandemi desain pembelajaran bahasa Arab mendapat formulasi baru dengan memperhatikan unsur tambahan yaitu media elektronik. Penelitian ini ditulis dengan menggunakan metode kualitiatif jenis deskriptif. Yakni dengan mengumpulkan berbagai data yang relevan dengan topik yang dibahas. Kemudian dianalisis dan ditarik kesimpulan. Objek penelitian ini yaitu di IAI Sunan Kalijogo sendiri dimana kampus yang tergolong baru ini terdapat beberapa prodi salah satunya prodi bahasa arab dimana pembelajaran bahasa di sini dilakukan dengan aktif dan komunikatif. Dari penelitian ini didapatkan gambaran mengenai unsur-unsur pokok desain pembelajaran bahasa Arab yaitu berupa menentukan tujuan, materi, strategi atau media dan evalusinya ditengah kondisi pandemi (new normal). Hasil dari penelitian ini penting untuk diperhatikan saat ingin melaksanakan sebuah pembelajaran di masa pandemi. Sebagai bahan pertimbangan dan petunjuk bagi pendidik dalam menentukan desain pembelajaran bahasa Arab yang efektif dan berkualitas tentunya.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

22-12-2022

How to Cite

Moh. Mofid. “Design Pembelajaran Bahasa Arab Pada Era New Normal Di Institut Agama Islam Sunan Kaliogo Malang”. Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 4, no. 2 (December 22, 2022): 76–91. Accessed May 16, 2024. https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/muhad/article/view/689.