Penerapan Butir Soal Unsur Bahasa Arab (Bunyi, Kosakata, Struktur Kalimat)
تطبيق إعداد بنود الاختبار لعنـاصر اللغة العربية (الأصوات والمفردات والتراكيب)
Keywords:
Penyusunan Tes, Bunyi, Kosakata, Struktur kalimatAbstract
Sebagai salah satu unsur terpenting dalam pendidikan, evaluasi dapat memberikan informasi tentang berhasil atau tidaknya pencapaian tujuan yang telah direncanakan. Guru biasanya belum menganggap serius kegiatan ini, sehingga menyusun perangkat penilaian dalam evaluasi masih belum melakukan langkah-langkah pengembangan perangkat sebagaimana mestinya, yaitu memperbaiki butir-butir pertanyaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merekomendasikan soal tes unsur bahasa yang terdiri dari bunyi, kosa kata, dan struktur kalimat berdasarkan tingkatan siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah. Metode yang digunakan adalah metodologi penelitian dengan mengacu pada surat laporan Dirjen Pendidikan Agama Islam No. 3211 tahun 2022 bahwa persiapan ujian unsur kebahasaan dilakukan melalui 1) Menetapkan tujuan penilaian tes bunyi, kosa kata, dan struktur kalimat. 2) Menentukan substansi unsur kebahasaan dengan memperhatikan gramatikal mashdar sharih. 3) Pemilihan materi yaitu tentang Pekerjaan. 4) Menentukan bentuk pertanyaan yang terdiri dari menentukan bunyi kata, menentukan kalimat dan perbedaan kata, menampilkan jawaban singkat, jawaban gambar yang dilakukan secara tertulis. 5) Menetapkan pengaturan soal tes dengan pembagian 30% mudah, 40% sedang, dan 30% sulit. 6) Penyusunan kisi-kisi. 7) Menuliskan soal tes dengan bahasa yang jelas, lugas, tidak rancu, dan menitikberatkan pada inti permasalahan yang dimaksud.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.