Pembelajaran Mufrodat dengan Menggunakan Media Gambar

Authors

  • Muhammad Holimi IAI Sunan Kalijogo Malang

Keywords:

Mufrodat, Gamabar

Abstract

Proses belajar mengajar tidak bisa terlepas dari peran media didalamnya,sebab media pembelajaran merupakan suatu bagian integral dari prosespendidikan di sekolah. Kedudukan media pengajaran ada dalam komponen prosesbelajar mengajar sebagai salah satu upaya untuk membantu guru dalam berinteraksi dengan siswa dan lingkungannya. penelitian ini mengkaji tentang penggunaan media gambar dalampembelajaran bahasa Arab untuk penguasaan mufradat di Pondok Pesantren At-Tanwir di Perumahan Pondok Mutiara Asri Kabupaten Malang. Tujuan penggunaan media gambar dalampembelajaran bahasa Arab untuk penguasaan mufradat ini yaitu memudahkan siswa dalam menguasai kosakata secara efektif. Peneliti bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimanapembelajaran mufrodat dengan menggunakan media gambar di Pondok Pesantren At-Tanwir di Perumahan Pondok Mutiara Asri Kabupaten Malang.Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan atau field researchdimanapeneliti terjun langsung ke lapangan untuk memperoleh data dan informasi terkaitdengan penelitian yang dilakukan.

Penelitan ini menggunakan metode studi kasus.Penelitian ini disajikan dalam bentuk deskriptif dengan tujuan untukmenggambarkan suatu proses yang terjadi di lapangan. Sedangkan pendekatanyang dilakukan adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yangdigunakan: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisisdatanya menggunakan Model Miles and Huberman, yang terdiri dari: ReduksiData, Penyajian Data dan Verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran mufrodat dengan menggunakan gambar di Pondok Pesantren At-Tanwir di Perumahan Pondok Mutiara Asri Kabupaten Malang sangat efektif. Pertama dapat dinyatakan bahwa terdapat perubahan motivasi belajar mufrodat pada siklus I ke siklus II. Pada siklus I,motivasi belajar mufrodat di Pondok Pesantren At-Tanwir kabupaten Malang dikategorikantinggi dan pada siklus II meningkat menjadi kategori sangat tinggi. Dapatdinyatakan bahwa peningkatan motivasi belajar bahasa Inggris disebabkan olehpenggunaan media gambar. Peningkatan motivasi belajar bahasa siswa dengan menggunakan media gambar tersebut merupakan hal mutlak. Hal ini dinyatakan sebab gambar yang
diterapkan dalam pembelajaran mufrodat dinilai oleh siswa sangat menarik.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

01-06-2019

How to Cite

Muhammad Holimi. “Pembelajaran Mufrodat Dengan Menggunakan Media Gambar”. Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 1, no. 1 (June 1, 2019): 86–102. Accessed April 29, 2024. https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/muhad/article/view/87.