Pendekatan dan Model-Model Pengembangan Kurikulum Bahasa Arab pada Madrasah/Sekolah di Indonesia

Authors

  • Sholihatul Atik Hikmawati IAI Sunan Kalijogo Malang

Keywords:

Kurikulum, Bahasa Arab

Abstract

Perubahan kurikulum yang ada di Indonesia, mulai kurikulum Rencana Pembelajaran (1947) hingga kurikulum berbasis karakter yang sekarang sedang berlangsung, tidak terlepas dari tingkat perkembangan anak, perkembangan ilmu pengetahuan dan perkembangan kebutuhan manusia. Perubahan dan perbaikan kurikulum tersebut dalam rangka untuk meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas. Adapun tujuan dari pembahasan makalah ini adalah sebagai berikut, pertama memahami secara teoritis maupun praktis tentang jenis pendekatan dalam pengembangan kurikulum, kedua memahami secara teoritis maupun praktis tentang model-model dalam pengembangan kurikulum, ketiga Implementasi pendekatan dan model pengembangan kurikulum Bahasa Arab pada madrasah/sekolah di Indonesia. Hasil dari telaah ini bahwasannya Perkembangan kurikulum Bahasa Arab di Indonesia dalam mengembangkan kurikulum, dilakukan secara seimbang dan proporsional. Hal ini bisa dilihat dalam menggunakan pendekatan dan model disetiap fase perubahan kurikulum.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

15-12-2019

How to Cite

Sholihatul Atik Hikmawati. “Pendekatan Dan Model-Model Pengembangan Kurikulum Bahasa Arab Pada Madrasah/Sekolah Di Indonesia”. Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 1, no. 2 (December 15, 2019): 203–218. Accessed May 3, 2024. https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/muhad/article/view/97.