Persepsi Masyarakat Terhadap Tingkat Kepuasan Pelayanan BPJS Kesehatan di Kota Jambi dalam Perspektif Islam

Authors

  • Ary Dean Amri Universitas Jambi
  • Risky Febri Pratama Universitas Jambi
  • Andika Afrilia Setiawan Universitas Jambi
  • Muhammad Ibnu. S Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.51339/iqtis.v5i1.1015

Keywords:

Jaminan Kesehatan, kepuasan masyarakat, perspektif islam

Abstract

BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) adalah program jaminan sosial di Indonesia yang memberikan jaminan kesehatan kepada warganya. Program ini diperkenalkan pada tahun 2014 dan sejak itu menjadi aspek penting dalam sistem kesehatan Indonesia. Di Kota Jambi, layanan BPJS kesehatan banyak digunakan. Namun, perlu dilakukan evaluasi kepuasan masyarakat terhadap pelayanan BPJS kesehatan dari perspektif Islam. Penelitian ini akan memberikan gambaran tentang pelayanan BPJS Kesehatan di Kota Jambi, mendalami perspektif Islam tentang kesehatan dan kepuasan terhadap pelayanan BPJS, serta mengevaluasi kepuasan pelayanan BPJS Kesehatan di Kota Jambi. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan kepuasan pelayanan BPJS Kesehatan di Kota Jambi. Kesehatan merupakan hal yang sangat penting, akan tetapi dalam menjaga kesehatan masyarakat membutuhkan biaya yang mahal, oleh karena itu BPJS Kesehatan hadir untuk memberikan sebuah solusi bagi masyarakat terkhususnya di Kota Jambi. Namun, dalam pelayananya pihak BPJS Kesehatan dirasa belum cukup memenuhi ekspektasi masyarakat. Itulah alasan penulis memilih judul penelitian "Persepsi masyarakat terhadap tingkat kepuasan pelayanan BPJS Kesehatan di Kota Jambi dalam perspektif Islam". Penelitian menggunakan metode mix methods, bersumber dari data primer dan data sekunder. Dari hasil uji T terdapat pengaruh signifikan pada kualitas pelayanan BPJS kesehatan Kota Jambi. Karena masyarakat Kota Jambi mayoritas adalah beragama Islam. Itulah yang menjadi pentingnya sistem pelayanan syariah dalam BPJS Kesehatan Kota Jambi.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

10-06-2023

How to Cite

Ary Dean Amri, Risky Febri Pratama, Andika Afrilia Setiawan, & Muhammad Ibnu. S. (2023). Persepsi Masyarakat Terhadap Tingkat Kepuasan Pelayanan BPJS Kesehatan di Kota Jambi dalam Perspektif Islam. Al-Iqtishod : Jurnal Ekonomi Syariah, 5(1), 99–118. https://doi.org/10.51339/iqtis.v5i1.1015