Persepsi Masyarakat Terhadap Tingkat Kepuasan Pelayanan BPJS Kesehatan di Kota Jambi dalam Perspektif Islam
DOI:
https://doi.org/10.51339/iqtis.v5i1.1015Keywords:
Jaminan Kesehatan, kepuasan masyarakat, perspektif islamAbstract
BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) adalah program jaminan sosial di Indonesia yang memberikan jaminan kesehatan kepada warganya. Program ini diperkenalkan pada tahun 2014 dan sejak itu menjadi aspek penting dalam sistem kesehatan Indonesia. Di Kota Jambi, layanan BPJS kesehatan banyak digunakan. Namun, perlu dilakukan evaluasi kepuasan masyarakat terhadap pelayanan BPJS kesehatan dari perspektif Islam. Penelitian ini akan memberikan gambaran tentang pelayanan BPJS Kesehatan di Kota Jambi, mendalami perspektif Islam tentang kesehatan dan kepuasan terhadap pelayanan BPJS, serta mengevaluasi kepuasan pelayanan BPJS Kesehatan di Kota Jambi. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan kepuasan pelayanan BPJS Kesehatan di Kota Jambi. Kesehatan merupakan hal yang sangat penting, akan tetapi dalam menjaga kesehatan masyarakat membutuhkan biaya yang mahal, oleh karena itu BPJS Kesehatan hadir untuk memberikan sebuah solusi bagi masyarakat terkhususnya di Kota Jambi. Namun, dalam pelayananya pihak BPJS Kesehatan dirasa belum cukup memenuhi ekspektasi masyarakat. Itulah alasan penulis memilih judul penelitian "Persepsi masyarakat terhadap tingkat kepuasan pelayanan BPJS Kesehatan di Kota Jambi dalam perspektif Islam". Penelitian menggunakan metode mix methods, bersumber dari data primer dan data sekunder. Dari hasil uji T terdapat pengaruh signifikan pada kualitas pelayanan BPJS kesehatan Kota Jambi. Karena masyarakat Kota Jambi mayoritas adalah beragama Islam. Itulah yang menjadi pentingnya sistem pelayanan syariah dalam BPJS Kesehatan Kota Jambi.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Al-Iqtishod : Jurnal Ekonomi Syariah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.