Uang dalam Tinjauan Sistem Moneter Islam

Authors

  • Sri Mulyani Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang

Keywords:

Uang, Sistem Moneter, Ekonomi Islam

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang uang dalam tinjauan sistem moneter Islam. Metode penulisan dalam paper ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan kajian kepustakaan. Data yang diambul adalah data sekunder dan teknik pengambilan data dengan menggunakan dokumentasi dan studi pustaka. Uang mempunyai fungsi atau peranan penting dalam perekonomian.
Hasil dari paper ini adalah (1) uang dalam tinjauan sistem moneter Islam adalah uang sebagai public goods bukan privat goods yang mengandung konsekuensi uang harus bersifat flow concept bukan stock concept. (2) Uang bersifat sebagai flow concept mengandung makna bahwa uang tidak boleh ditimbun karena bisa berdampak buruk pada perekonomian. (3) Di dalam sistem moneter Islam uang berfungsi sebagai alat tukar (Medium of Exchange) dan uang sebagai satuan hitung (Unit of Account). (4) Di dalam sistem moneter Islam konseptual, sistem mata uang yang digunakan bersifat full body money atau mata uang yang nilai materinya sama dengan nilai nominalnya. Di dalam sistem moneter Islam kontemporer menggunakan sistem mata uang full backed money yang membedakan dengan sistem moneter konvensional yang sistem mata uangnya menggunakan fiat money.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

01-06-2020

How to Cite

Sri Mulyani. (2020). Uang dalam Tinjauan Sistem Moneter Islam. Al-Iqtishod : Jurnal Ekonomi Syariah, 2(1), 52–67. Retrieved from https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/iqtis/article/view/145