Implementasi Penggunaan Kitab Durusullughah Pada Pembelajaran Maharah Qiro’ah di PPTQ Al-Ma’ruf
DOI:
https://doi.org/10.51339/muhad.v5i1.693Keywords:
Kitab Durusullughah, Maharah Qiro’ah, PPTQ Al-Ma’rufAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi penggunaan kitab durusullughah yang diterapkan oleh guru dalam pembelajaran Maharah Qiroah. Dalam pelaksanaannya peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif. Objek Penelitian yaitu santri pondok pesantren Al Ma’ruf dan Guru Bahasa Arab. Pengumpulan data yang dilakukan peneliti yaitu berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi penggunaan kitab durusullughah pada pembelajaran bahasa arab menggunakan metode Muthola’ah dalam meningkatkan kemampuan Maharah Qiraah santri. Dalam struktur kitabnya, setiap pelajaran dimulai dengan materi inti yang diikuti dengan tamrin/latihan untuk memastikan pemahaman siswa. Kemudian diakhir pembelajaran ditutup dengan memberikan kesimpulan kosakata baru yang tidak ada pada pelajaran-pelajaran sebelumnya. Metode pembelajaran yang digunakan dalam kitab Durusullughah ini adalah metode takrir, yaitu mengulang pelajaran yang sudah pernah disampaikan. Pertama-tama guru akan menyampaikan materi-materi dengan pengucapan bahasa Arab yang baik dan benar sesuai dengan kaidah yang berlaku, kemudian sswa/santrinya menirukan apa yang dicontohkan oleh guru. Adapun metode yang diterapkan oleh guru adalah dengan metode tajmi’ dan muwa’imah/muwafiqah dalam meningkatkan kemampuan maharah Qiro’ah.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.