Urgensi Interaksi dalam Pembelajaran Bahasa Arab (Muhadatsah)

Authors

  • Fatia Alisa Triasnan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Abdul Azis Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Ghaitsa Zahira Shofa Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Kisno Umbar Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.51339/muhad.v5i1.737

Keywords:

Interaksi, Komunikasi, Peningkatan, Bahasa Arab, Muhadatsah

Abstract

Interaksi menjadi poin penting dalam mengembangkan kemampuan untuk mempelajari bahasa, khusus nya dalam ranah Bahasa Arab. Kesuksesan atau kegagalan dalam pembelajaran bahasa di kelas ada hubungannya dengan kealamiahan interaksi yang terjadi selama pembelajaran. Pembelajaran bahasa merupakan hasil kesempatan interaksi bermakna menggunakan bahasa target. Belajar berinteraksi dalam bahasa Arab berarti belajar berkomunikasi dalam bahasa Arab. Interaksi menjadi aspek yang penting dalam pembelajaran bahasa karena inilah yang dilakukan orang dalam kehidupan sehari-hari. Ada kemauan untuk berkooperasi secara verbal sebagai bagian dari interaksi. Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah interaksi yang berupa komunikasi dapat berbengaruh dalam meningkatkan kemampuan komunikasi siswa khususnya dalam bidang muhadastah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriftif dengan wawancara sebagai cara untuk memperolah data. Hasilnya adalah mahasiswa dianggap kurang mampu dalam berkomunikasi menggunakan acuan yang telah dosen muhaddasah tetapkan berupa uslub-uslub (ungkapan-ungkapan). Hal ini dikarenakan interaksi dalam pembelajaran yang kurang ketika di dalam kelas.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

10-06-2023

How to Cite

Triasnan, Fatia Alisa, Abdul Azis, Ghaitsa Zahira Shofa, and Kisno Umbar. “Urgensi Interaksi Dalam Pembelajaran Bahasa Arab (Muhadatsah)”. Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 5, no. 1 (June 10, 2023): 24–36. Accessed May 17, 2024. https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/muhad/article/view/737.