Urgensi Interaksi dalam Pembelajaran Bahasa Arab (Muhadatsah)
DOI:
https://doi.org/10.51339/muhad.v5i1.737Keywords:
Interaksi, Komunikasi, Peningkatan, Bahasa Arab, MuhadatsahAbstract
Interaksi menjadi poin penting dalam mengembangkan kemampuan untuk mempelajari bahasa, khusus nya dalam ranah Bahasa Arab. Kesuksesan atau kegagalan dalam pembelajaran bahasa di kelas ada hubungannya dengan kealamiahan interaksi yang terjadi selama pembelajaran. Pembelajaran bahasa merupakan hasil kesempatan interaksi bermakna menggunakan bahasa target. Belajar berinteraksi dalam bahasa Arab berarti belajar berkomunikasi dalam bahasa Arab. Interaksi menjadi aspek yang penting dalam pembelajaran bahasa karena inilah yang dilakukan orang dalam kehidupan sehari-hari. Ada kemauan untuk berkooperasi secara verbal sebagai bagian dari interaksi. Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah interaksi yang berupa komunikasi dapat berbengaruh dalam meningkatkan kemampuan komunikasi siswa khususnya dalam bidang muhadastah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriftif dengan wawancara sebagai cara untuk memperolah data. Hasilnya adalah mahasiswa dianggap kurang mampu dalam berkomunikasi menggunakan acuan yang telah dosen muhaddasah tetapkan berupa uslub-uslub (ungkapan-ungkapan). Hal ini dikarenakan interaksi dalam pembelajaran yang kurang ketika di dalam kelas.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.