Penerapan Model Pembelajaran Lok-R (Literasi, Orientasi, Kolaborasim Dan Refleksi) Dalam Meningkatkan Literasi Membaca (Maharah Qiraah) Pada Bacaan Teks Berbahasa Arab

Authors

  • Misbahul Jannah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Muassomah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Rauzatul Jannah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Fadilah Al Azmi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

DOI:

https://doi.org/10.51339/muhad.v5i1.750

Keywords:

Lok-R learning model, reading literacy, Arabic text

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah penerapan model pembelajaran Lok-R dalam meningkatkan literasi membaca (Maharah Qiraah) dan menganalisis persepsi mahasiswa tentang penerapan model pembelajaran Lok-R dalam meningkatkan literasi membaca (Maharah Qiraah). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan dokumentasi dan angket/ kuesioner. Setelah data dikumpulkan dilakukan dengan analisis deskriptif  dengan cara: 1) Pengumpulan data, 2) reduksi data, 3) penyajian data, 4) penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini memperlihatkan langkah-langkah dalam penerapan model pembelajaran Lok-R dalam meningkatkan literasi membaca (Maharah Qiraah)  sebagai berikut: a). tema pembelajaran, b). m pembagian teks dan pertanyaan, c). diskusi d). refleksi dan para mahasiswa merespon bahwasanya penerapan model pembelajaran lok-r dalam meningkatkan literasi membaca (Maharah Qiraah) terdapat 3 kategori respon, yaitu; Efektif, Menyenangkan serta melatih, dan memudahkan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

10-06-2023

How to Cite

Misbahul Jannah, Muassomah, Rauzatul Jannah, and Fadilah Al Azmi. “Penerapan Model Pembelajaran Lok-R (Literasi, Orientasi, Kolaborasim Dan Refleksi) Dalam Meningkatkan Literasi Membaca (Maharah Qiraah) Pada Bacaan Teks Berbahasa Arab”. Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 5, no. 1 (June 10, 2023): 37–48. Accessed May 17, 2024. https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/muhad/article/view/750.