Penerapan Model Pembelajaran Lok-R (Literasi, Orientasi, Kolaborasim Dan Refleksi) Dalam Meningkatkan Literasi Membaca (Maharah Qiraah) Pada Bacaan Teks Berbahasa Arab
DOI:
https://doi.org/10.51339/muhad.v5i1.750Keywords:
Lok-R learning model, reading literacy, Arabic textAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah penerapan model pembelajaran Lok-R dalam meningkatkan literasi membaca (Maharah Qiraah) dan menganalisis persepsi mahasiswa tentang penerapan model pembelajaran Lok-R dalam meningkatkan literasi membaca (Maharah Qiraah). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan dokumentasi dan angket/ kuesioner. Setelah data dikumpulkan dilakukan dengan analisis deskriptif dengan cara: 1) Pengumpulan data, 2) reduksi data, 3) penyajian data, 4) penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini memperlihatkan langkah-langkah dalam penerapan model pembelajaran Lok-R dalam meningkatkan literasi membaca (Maharah Qiraah) sebagai berikut: a). tema pembelajaran, b). m pembagian teks dan pertanyaan, c). diskusi d). refleksi dan para mahasiswa merespon bahwasanya penerapan model pembelajaran lok-r dalam meningkatkan literasi membaca (Maharah Qiraah) terdapat 3 kategori respon, yaitu; Efektif, Menyenangkan serta melatih, dan memudahkan.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.