Pembelajaran Maharah Lugawiyah Mahasiswa Terintegrasi Empat Maharah di Program Studi Pendidikan Bahasa Arab UIN Raden Mas Said Surakarta

Authors

  • Fahmi Syaefudin UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Dailatus Syamsiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Anisatul Barokah UIN Raden Mas Said Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.51339/muhad.v5i1.798

Keywords:

Integrasi, Mata Kuliah, Bahasa Arab

Abstract

Bahasa Arab merupakan salah satu Bahasa dunia yang memiliki jumlah penutur tersebar diberbagai negara. Dalam proses perkembanganya Bahasa Arab bukan hanya sebagai Bahasa orang arab, namun menjadi bahasa Agama karena Islam lahir di tanah arab dan Kitab suci orang muslim mengunakan. Penelitian ini membahas tertang upaya yang dilakukan program studi PBA UIN Raden Mas Said Surakarta untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Arab dengan mengintegrasikan mata kuliah maharah al- lughah. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitiannya adalah Prodi PBA UIN Raden Mas Said Surakarta sudah menjalankan model mata kuliah terintegrasi. Model ini menjadi jawaban atas berbagai permasalahan yang muncul dalam proses pembelajaran maharah al-lughah sebelumnya.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

10-06-2023

How to Cite

Fahmi Syaefudin, Dailatus Syamsiyah, and Anisatul Barokah. “Pembelajaran Maharah Lugawiyah Mahasiswa Terintegrasi Empat Maharah Di Program Studi Pendidikan Bahasa Arab UIN Raden Mas Said Surakarta”. Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 5, no. 1 (June 10, 2023): 1–13. Accessed July 3, 2024. https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/muhad/article/view/798.