Penggunaan Media Permainan Teka-Teki Silang dalam Meningkatkan Hafalan Mufradat Bahasa Arab di SMP Islam Al-Falah Kota Jambi

Authors

  • Mayya Indah Sari Levita Universitas Jambi
  • Helty Asafri Universitas Jambi
  • Warissuddin Soleh Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.51339/muhad.v5i1.933

Keywords:

Media Permainan, Teka-Teki Silang, Mufradat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media permainan teka-teki silang dalam meningkatkan hafalan mufradat bahasa Arab di SMP Islam Al-Falah Kota Jambi. Penelitian ini dilakukan di SMP Islam Al-falah Kota Jambi pada bulan Februari 2023. Data penelitian diperoleh dengan cara observasi, tes, dan dokumentasi, Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian yaitu pra eksperimen one group prestest dan postest design. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai signifikansi pada kelas VIII.1 memperoleh nilai 0,000 ˂ 0,05 dan nilai signifikansi pada kelas VIII.5 memperoleh nilai 0,000 ˂ 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, yang artinya  penggunaan media permainan teka-teki silang dapat meningkatkan hafalan mufradat. Dari hasil penelitian ini disarankan agar guru dapat menggunakan media permaianan dalam pembelajaran bahasa Arab terutama dalam menghafal mufradat  yang mana nantinya proses belajar membuat siswa lebih aktif dan bersemangat.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

10-06-2023

How to Cite

Mayya Indah Sari Levita, Helty Asafri, and Warissuddin Soleh. “Penggunaan Media Permainan Teka-Teki Silang Dalam Meningkatkan Hafalan Mufradat Bahasa Arab Di SMP Islam Al-Falah Kota Jambi”. Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 5, no. 1 (June 10, 2023): 63–78. Accessed May 17, 2024. https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/muhad/article/view/933.