Penggunaan Media Permainan Teka-Teki Silang dalam Meningkatkan Hafalan Mufradat Bahasa Arab di SMP Islam Al-Falah Kota Jambi
DOI:
https://doi.org/10.51339/muhad.v5i1.933Keywords:
Media Permainan, Teka-Teki Silang, MufradatAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media permainan teka-teki silang dalam meningkatkan hafalan mufradat bahasa Arab di SMP Islam Al-Falah Kota Jambi. Penelitian ini dilakukan di SMP Islam Al-falah Kota Jambi pada bulan Februari 2023. Data penelitian diperoleh dengan cara observasi, tes, dan dokumentasi, Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian yaitu pra eksperimen one group prestest dan postest design. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai signifikansi pada kelas VIII.1 memperoleh nilai 0,000 ˂ 0,05 dan nilai signifikansi pada kelas VIII.5 memperoleh nilai 0,000 ˂ 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, yang artinya penggunaan media permainan teka-teki silang dapat meningkatkan hafalan mufradat. Dari hasil penelitian ini disarankan agar guru dapat menggunakan media permaianan dalam pembelajaran bahasa Arab terutama dalam menghafal mufradat yang mana nantinya proses belajar membuat siswa lebih aktif dan bersemangat.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.