Analisis Faktor-Faktor Minat Nasabah dalam Menabung di Bank Syariah

Studi Kasus BPRS Bhakti Sumekar KCP Pragaan

Authors

  • Zaid Raya Argantara Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien Prenduan
  • Nurul Annisa Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien Prenduan

DOI:

https://doi.org/10.51339/nisbah.v4i2.1131

Keywords:

Minat, Menabung, Nasabah

Abstract

ABSTRAK.  BPRS Bhakti Sumekar KCP Pragaan merupakan salah satu Lembaga Keuangan Syariah yang di kelilingi oleh banyak bank-bank besar bisa ditempuh dalam jangka waktu 8 menit dari bank BPRS Bhakti Sumekar KCP Pragaan.  Adanya bank tersebut menjadi tantangan besar bagi BPRS Bhakti Sumekar KCP Pragaan untuk tetap bertahan dan mampu bersaing. Tujuan penelitian ini adalah faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi minat nasabah dalam menabung di BPRS Bhakti Sumekar KCP Pragaan dan apa upaya yang dilakukan pihak Bank dalam mempengaruhi minat nasabah dalam menabung di BPRS Bhakti Sumekar KCP Pragaan. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif lapangan. Adapun prosedur pengumpulan data yang melalui wawancara, dari 12 responden yang terdiri dari Kepala Cabang BPRS Bhakti sumekar KCP Pragaan, Customer Service, dan 10 nasabah yang menabung di BPRS Bhakti Sumekar KCP Pragaan.Faktor-Faktor yang mempengaruhi minat nasabah dalam menabung di BPRS Bhakti Sumekar KCP Pragaan ialah adanya produk tabungan barokah yang banyak diminati oleh nasabah dengan bonus setiap bulan nya, lokasi yang strategis di pinggir jalan, pelayanan terbaik berupa door to door, mempromosikan produk dan jasa melalui sosialisasi masyarakat per minggu sehingga dapat meningkatkan minat nasabah dalam menabung dan upaya pihak Bank dalam menarik minat nasabah untuk menabung ialah memberikan layanan dan fasilitas yang baik seperti antar jemput bola, layanan cetak saldo, serta apabila nasabah mendapatkan masalah pihak Bank langsung sigap menanggapi, dan setiap minggu nya pihak Bank rutin megadakan sosialisasi kepada masyarakat dan memberikan reward kepada nasabah yang mempunyai saldo tertinggi setiap pertahunnya sehingga hal ini dapat meningkatkan minat nasabah dalam menabung.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

“Pengaruh Tingkat Nisbah Bagi Hasil, Penerapan Akad, Citra Merek, Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Menabung Pada Lembaga Keuangan Perbankan Syariah (Studi Kasus Masyarakat Tangerang Selatan),”

Atwal Arifin dan Husnul Khotimah, “Pengaruh Produk, Pelayanan, Pomosi Dan Lokasi Terhadap Keputusan Masyarakat Memilih Bank Syariah Di Surakarta”,Jurnal Ekonomi&Bisnis, Tahun 2018

Ayu Nurtika Dewi, “Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Untuk Menabung (Studi Kasus pada PD BPR BKK Kendal Cabang Patean)”,Jurnal Ekonomi&Bisnis, Tahun 2019

Dian Rismayanti, “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Menabung Di Bank Syariah (Studi Kasus Mahasiswa UIN Mataram Jurusan Perbankan Syariah Angkatan 2016)” (Universitas Islam Negeri Mataram, 2020)

Edwin Prassetio, “Pengaruh Tingkat Nisbah Bagi Hasil, Penerapan Akad, Citra Merek, Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Menabung Pada Lembaga Keuangan Perbankan Syariah (Studi Kasus Masyarakat Tangerang Selatan)” (UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2017)

Nugroho J Setiadi, Perilaku Konsumen (Jakarta: Kencana Pernada media, 2003)

Pengaruh Tingkat Nisbah Bagi Hasil, Penerapan Akad, Citra Merek, Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Menabung Pada Lembaga Keuangan Perbankan Syariah (Studi Kasus Masyarakat Tangerang Selatan),”

Philip kotler Kevin lane, Manajemen Pemasaran (Jakarta: PT. Indeks, 2009)

Rahma Bellani Oktavindria Iranati, “Pengaruh Religiusitas, Kepercayaan, Pengetahuan, Dan Lokasi Terhadap Minat Masyarakat Menabung Di Bank Syariah” (UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2017)

Ranti Wiliasih, Fathia Shadrina, “Faktor Dominan Yang Memengaruhi Keputusan Nasabah Untuk Menabung Di Bank Syariah, BPRS, DAN KSPPS ”, Vol . 3 N o . 2, jurnal nisbah, tahun 2017

Sunardi Fety Aniarsih, “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Muslim Menabung Di Bank Syariah (Studi Kasus Di Kelapa Dua-Tangerang)” (2013)

T. Heru Nurgiansah, “Pengembangan Kesadaran Hukum Berlalu Lintas Siswa Melalui Model Pembelajar Jurisprudensial Dalam Pendidikan Kewarganegaraan” (Universitas Pendidikan Indonesia, 2018)

Downloads

Published

05-07-2023

How to Cite

Zaid Raya Argantara, and Nurul Annisa. “Analisis Faktor-Faktor Minat Nasabah Dalam Menabung Di Bank Syariah: Studi Kasus BPRS Bhakti Sumekar KCP Pragaan”. An-Nisbah: Jurnal Perbankan Syariah 4, no. 2 (July 5, 2023): 255–266. Accessed May 21, 2024. https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/nisbah/article/view/1131.