Determinan Persepsi Bank Islam

(Studi Pada Santri Pondok Pesantren Sunan Kalijogo Jabung Malang)

Authors

  • Muhammad Majduddin Universitas Kiai Abdullah Faqih Gresik
  • Ahmad Djalaluddin Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Muhammad Anas Universitas Kiai Abdullah Faqih Gresik

Keywords:

Mutu layanan bank islam, Mutu produk bank islam, Persepsi santri

Abstract

Tujuan riset ini adalah untuk menguji variabel-variabel yang mempunyai efek terhadap persepsi  bank Islam. Riset ini merupakan riset lapangan (field research) dimana pengumpulan data memakai dengan kuesioner dengan jumlah sampel 96 responden. Teknik analisis data memakai analisis regresi linier berganda dengan melalui tahap uji validitas, reliabilitas, asumsi klasik, hipotesis  yaitu uji t dan uji F, serta koefisien determinasi. Hasil riset membuktikan bahwa terdapat efek positif dan signifikan dari mutu layanan terhadap persepsi bank islam dengan nilai signifikansi 0,029<0>0,05. Sedangkan mutu produk tidak berpengaruh terhadap persepsi bank Islam dengan nilai t hitung sebesar 1,302 < 1,986. Sementara itu, baik mutu layanan maupun mutu produk diketahui memiliki pengaruh dan signifikan terhadap persepsi bank islam, dengan nilai f-hitung dan f-tabel sebesar 4,959 > 3,09.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andespa, Roni. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Dalam Menabung Di Bank Syariah.” Al Masraf: Jurnal Lembaga Keuangan Dan Perbankan 2, no. 1 (2017): 43–57.

Antonio, Muhammad Syafii. Bank Syariah Dari Teori Ke Praktik. 27th ed. Jakarta: Gema Insani, 2017.

Ariani, Dian. “Persepsi Masyarakat Umum Terhadap Bank Syariah Di Medan.” Universitas Sumatera Utara, 2007.

Arifin, Zainul. Dasar-Dasar Manajemen Bank Syariah. Jakarta: Pustaka Alvabet, 2006.

Aryawan, Made, I Rahyuda, and Ni Ekawati. “Pengaruh Faktor Corporate Social Responsibility (Aspek Sosial, Ekonomi, Dan Lingkungan) Terhadap Citra Perusahaan.” None 6, no. 2 (2017): 254415.

Hardana, A, J Nasution, and A Damisa. “Analisis Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Nasabah Menabung Pada PT. BSI Cabang Padangsidimpuan.” Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah 7, no. 2 (2022): 828–38. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Mas/index.

Hasanah, Fadhilatul. “Pengaruh Tingkat Religiusitas, Pengetahuan, Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Preferensi Menabung Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palembang Pada Bank Syariah.” BALANCE Jurnal Akuntansi Dan Bisnis 4, no. 1 (2019): 485. https://doi.org/10.32502/jab.v4i1.1815.

Lestari, Ainul Tria, and Khalid Iskandar. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Bank BTN Cabang Tegal.” Journal of Economic and Management (JECMA) 2, no. 1 (2021): 1–9. https://doi.org/10.46772/jecma.v2i1.513.

Lestari, Dwi Putri, Maulana Yusuf, and Ridhah Taqwa. “Persepsi Citra Perusahaan Pertambangan Pt. Baturona Adimulya Melalui Program Corporate Social Responsibility.” Jurnal Sains Dan Teknologi: Jurnal Keilmuan Dan Aplikasi Teknologi Industri 21, no. 1 (2021): 29. https://doi.org/10.36275/stsp.v21i1.362.

Nengsih, Titin Agustin, Arsa Arsa, and Pradita Sari Putri. “Determinan Minat Menabung Masyarakat Di Bank Syariah : Studi Empiris Di Kota Jambi.” Journal of Business and Banking 11, no. 1 (2021): 93–111. https://doi.org/10.14414/jbb.v11i1.2599.

Novianti, Alifah Dwi, and Luqman Hakim. “Pengaruh Pengetahuan, Produk Dan Religiusitas Terhadap Minat Menabung Dengan Variabel Moderating Persepsi.” Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) 9, no. 1 (2021): 116–22. https://doi.org/10.26740/jpak.v9n1.p116-122.

Nurjanah, Risna, and Ade Sofyan Mulazid. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Corporate Social Responsibility Terhadap Citra Perusahaan.” Muqtasid: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah 9, no. 1 (2018): 40. https://doi.org/10.18326/muqtasid.v9i1.40-53.

Ramadhan, Hendra. PENGARUH PENGANGGARAN DAN PENGELOLAAN DANA CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP PENINGKATAN CITRA BANK SYARIAH (Studi Pada BNI Syariah). Skripsi Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung, 2021. http://repository.radenintan.ac.id/18312/.

Rusdianto, Hutomo, and Chanafi Ibrahim. “Pengaruh Produk Bank Syariah Terhadap Minat Menabung Dengan Persepsi Masyarakat Sebagai Variabel Moderating Di Pati.” Equilibrium: Jurnal Ekonomi Syariah 4, no. 1 (2017): 43. https://doi.org/10.21043/equilibrium.v4i1.1837.

Sholihah, Isfi. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Persepsi Masyarakat Tentang Perbankan Syariah Di Kecamatan Selong Kabupaten Lombok Timur.” Jurnal EducatiO 10, no. 1 (2015): 69–83.

Syahrizal, D. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Menabung Nasabah Di BRI Syariah KCP Ponorogo.” Institu Agama Islam Negeri Ponorogo, 2020, 1–99. http://etheses.iainponorogo.ac.id/9601/1/SKRIPSI DANI SYAHRIZAL.pdf.

Tjiptono, Fandy. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi, 2008.

Walgito, Bimo. Psikologi Kelompok. Yogyakarta: CV. Andi Offset, 2010.

Downloads

Published

01-01-2024

How to Cite

Muhammad Majduddin, Ahmad Djalaluddin, and Muhammad Anas. “Determinan Persepsi Bank Islam: (Studi Pada Santri Pondok Pesantren Sunan Kalijogo Jabung Malang)”. An-Nisbah: Jurnal Perbankan Syariah 5, no. 1 (January 1, 2024): 1–18. Accessed November 21, 2024. https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/nisbah/article/view/1493.