Implementasi Pembiayaan Gadai Emas Syari’ah dalam Akad Rahn

(Studi Kasus di Bank Syari’ah Mandiri KCP Pasuruan)

Authors

  • Aslikhah Universitas Yudharta Pasuruan

Keywords:

Gadai Emas, Akad Rahn, Bank Mandiri Syariah

Abstract

Bank Syariah Mandiri KCP Pasuruan menawarkan berbagai produk jasa, baik itu produk penghimpunan dana maupun pembiayaan. Salah satu produk pembiayaan yang banyak diminati nasabah pada BSM KCP Pasuruan adalah produk pembiayaan gadai emas syariah dengan menggunakan akad Rahn. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi pembiayaan gadai emas dengan menggunakan  akad Rahn di PT Bank Syari’ah Mandiri KCP Pasuruan.

Metode penelitian ini yaitu dengan pendekatan kualitatif. Cara pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan observasi, interview, dan dokumentasi.

Hasil dari penelitian ini yaitu Gadai Emas Syari’ah di BSM KCP Pasuruan merupakan produk pembiayaan atas dasar jaminan berupa emas sebagai salah satu alternatif memperoleh uang tunai secara cepat. Produk pembiayaan gadai emas syari’ah yang ada di Bank Syari’ah Mandiri KCP Pasuruan ini dapat  digunakan untuk pembiayaan konsumtif, seperti untuk biaya pendidikan, biaya pengobatan, dan penyelenggaraan hajatan maupun pembiayaan produktif, seperti untuk modal usaha.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

28-06-2020

How to Cite

Aslikhah. “Implementasi Pembiayaan Gadai Emas Syari’ah Dalam Akad Rahn: (Studi Kasus Di Bank Syari’ah Mandiri KCP Pasuruan)”. An-Nisbah: Jurnal Perbankan Syariah 1, no. 2 (June 28, 2020): 163–183. Accessed April 30, 2024. https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/nisbah/article/view/172.