Pengaruh Risiko dan Penangangan Komplain terhadap Minat Nasabah menggunakan Mobile Banking di Bank Syariah
DOI:
https://doi.org/10.51339/nisbah.v6i2.2169Keywords:
Risiko, Penanganan komplain, Mobile banking, Bank syariahAbstract
Tujuan riset ini adalah untuk mengukur efek dari risiko dan penanganan komplain terhadap minat nasabah memakai Mobile banking. Populasi dalam riset ini adalah semua nasabah PT Bank Syariah Indonesia KCP Malang Pakis Kembar yang memakai Mobile banking sejumlah 3.200 orang, dengan sampel sebanyak 97 responden memakai Teknik random sampling. Teknik analisis data dalam riset ini memakai regresi linear berganda. Hasil riset menunjukkan bahwa secara terpisah maupun bersamaan risiko dan penanganan keluharan berpengaruh terhadap minat memakai mobile banking di Bank Syariah Indonesia KCP Malang Pakis Kembar. Sedangkan koifisien determinasi (R2) sebesar 0.418 menunjukkan bahwa variabel risiko dan penanganan keluhan berkontribusi sebesar 41,8% dalam mempengaruhi minat nasabah memakai mobile banking di BSI Pakis Kembar.
Downloads
References
Fernaldi, Kurniyawati Endah dan Ratno Anggadha. “Pengaruh Kualitas Layanan Dan Penanganan Keluhan Terhadap Loyalitas Nasabah Dengan Sebagai Variabel Intervening.” Jurnal Baabu Al-Ilmi Ekonomi Dan Perbankan Syariah 5, no. 2 (2020): 1–11.
Finannafi’ah, Keyka. “Pengaruh Kemudahan, Risiko, Manfaat Dan Kenyamanan Terhadap Minat Menggunakan Layanan Mobile Banking.” E-QIEN: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis 10, no. 1 (2022): 172–82.
Hasanah, Siti. “Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan, Persepsi Kemudahan Dan Risiko Terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan M-Banking Pada Masa Pandemi Tahun 2020 (Studi Pada PT Bank Syariah Mandiri KCP Majenang.” Jurnal Managemen 1 (2022): 1–145.
Ii, B A B. “Ikatan Bankir Indonesia (a), Mengelola Kualitas Layanan Perbankan, Jakarta; PT Gramedia, 2014, Hal. 129. 16 18,” 2019, 18–61.
Iskandar, Nur Azizah. “Pengaruh Persepsi Kemudahan Dan Persepsi Kemanfaatan Terhadap Minat Nasabah Bank Syariah Indonesia Menggunakan Layanan Mobile Banking,” 2022.
Joni, Rahmah Yulianti, and Cut Hamdiah. “Pengaruh Persepsi Risiko, Kepercayaan, Dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Penggunaan Mobile Banking (Studi Empiris Pada Nasabah Bank Syariah Indonesia Di Kota Banda Aceh).” Serambi Konstruktivis 4, no. 2 (2022): 56–63.
Khotimah, Nurul. “Pengaruh Teknologi Informasi, Risiko, Dan Handling Complaint Terhadap Minat Nasabah Dalam Menggunakan Mobile Banking (Studi Kasus BSI KCP Ratulangi Kota Palopo).” Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Bisnis, 2022.
Marginingsih, Ratnawaty. “Kualitas Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah Bank BRI (Studi Pada Pengguna BRI Mobile Di Kota Depok).” Moneter - Jurnal Akuntansi Dan Keuangan 7, no. 1 (2020): 24–31. https://doi.org/10.31294/moneter.v7i1.7475.
Maulana, Mohammad Rizki, and Andi Amri. “Analisis Determinan Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Dalam Menggunakan Internet Banking Pada Bank Syariah Indonesia.” Journal of Islamic Business Management Studies 5, no. 1 (2024): 44–56.
More, Ewaldina Radja, and Suprapti. “Pengaruh Persepsi Manfaat Dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan Mobile Banking.” Manajemen, Akuntansi Dan Ekonomi, 2022, 1–17.
Muhammad Nur Iksan, Sopyan Hakim, and Al Hujjah Asianingrum. “Pengaruh Teknologi Informasi, Risiko, Dan Handling Complaint Terhadap Minat Nasabah BSI Kota Palangka Raya Dalam Menggunakan Internet Banking.” Jurnal Ilmiah Sistem Informasi Dan Ilmu Komputer 4, no. 1 (2023): 26–42. https://doi.org/10.55606/juisik.v4i1.731.
Mukhid. Metodologi Penelitian Bisni Dengan Pendekatan Kuantitatif. Syria Studies. Vol. 7, 2021.
Mulyani, Sri, Ilfi Nur Diana, and Indah Yuliana. “The Impact of Islamic Branding Experience and Relationship Quality on Sharia Bank Customer Loyalty” 2 (2025): 79–91.
Mulyani, Sri, and Firda Indah Safitri. “Efek Pelayanan Prima, Moralitas Bisnis Islam, Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Muamalat Kantor Cabang Utama Malang.” An Nisbah: Jurnal Perbankan Syariah 5, no. 2 (2024): 224–39.
Mulyani, Sri, and Retno Wulansari. “THE IMPACT OF KNOWLEDGE , BELIEF , AND CONVENIENCE OF USE ON CONSUMER INTEREST IN USING SERVICES M-BANKING” 9, no. 1 (2025): 17–29.
Nur, Nitya, and Franita Gunawan. “Pengaruh Persepsi Teknologi Informasi, Risiko, Dan Handling Complaint Terhadap Minat Nasabah Dalam Menggunakan Mobile Banking (Studi Pada Bank Mandiri Syariah KCP Kedaton),” 2021.
Oktavianti, Elyza Devi. “Handling Complain Terhadap Minat Nasabah Dalam Menggunakan BSI Mobile ( Studi Kasus Mahasiswa UIN Raden Mas Said Surakarta),” 2023.
Putra, Rudiamsyah. “Pengaruh Persepsi Teknologi, Risiko, Dan Handling Complaint Terhadap Minat Nasabah Dalam Menggunakan Internet Bangking ( Studi Kasus Di PT . Bank SUMUT KCSy H . M . Yamin ),” 2021, 1–80.
Qoes Atieq, Muhammad, and Eva Nurpiani. “Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Manfaat Dan Risiko Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Mobile Banking Bank Syariah (Survey Pada Mahasiswa Perbankan Syariah Iain Syekh Nurjati Cirebon).” Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan 2, no. 1 (2022): 401–23.
Setyawati, Devi. “Pengaruh Teknologi Informasi, Ketersediaan Fitur Layanan Islami, Dan Handling Complaint Terhadap Nasabah Pengguna Aplikasi Mobile Banking (Bsi Mobile) Pada Bsi Kcp Kencong Jember.” Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah 1, no. 1 (2022): 1–215.
Veronika, Silvia, Supardi Mursalin, and Rahnat Putra Ahmad Hasibuan. “Pengaruh Teknologi Informasi, Resiko Dan Handling Complaint Terhadap Minat Mahasiswa UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu Dalam Penggunaan BSI Mobile.” Jurnal Tabarru’: Islamic Banking and Finance 7, no. 2 (2024).
Zenna Mya Eka Pratiwi. “Pengaruh Persepsi Teknologi Informasi, Risiko Dan Handling Complaint Terhadap Minat Nasabah Dalam Menggunakan Internet Banking Pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Ngunut Tulungagung.” Artide, 2016, hlm 123.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Sri Mulyani, Firda Indah Safitri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.