Strategi Pemasaran Produk Investasi Peternakan Sapi dalam Meningkatkan Pertumbuhan Aset (Studi pada BMT Nahdliyin Gunung Lerang)

Authors

  • Nur Syafika Institut Agama Islam Negeri Bone
  • Haslindah Institut Agama Islam Negeri Bone
  • Muh. Hasbi Ash. Shiddiq Institut Agama Islam Negeri Bone

Keywords:

Pemasaran, Pertumbuhan aset, Produk Investasi

Abstract

Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) merupakan lembaga keuangan berdasarkan prinsip syariah yang memungkinkan masyarakat berinvestasi dengan aman dan menguntungkan. Sehingga tujuan pada penelitian ini,  yaitu untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran produk dan pengaruh investasi terkhusus pada peternakan sapi terhadap pertumbuhan aset BMT Nahdliyin Gunung Lerang. Dalam mendapatkan hasil penelitian, metode yang diterapkan yaitu metode kualitatif dengan menggunakan instrumen observasi dan wawancara. Adapun analisisnya terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan pemasaran yang dilakukan pada produk investasi peternakan sapi di BMT Nahdliyin Gunung Lerang adalah dengan memanfaatkan promosi penjualan melalui media sosial, serta promosi penjualan personal atau pemasaran dari mulut ke mulut. Secara khusus, promosi dilakukan dari mulut ke mulut dengan menyasar kalangan sosial terdekat (keluarga dan teman). Disamping itu, investasi pada peternakan sapi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keberlanjutan ekonomi lokal serta meningkatkannya perputaran ekonomi yang diverfikasi dengan portofolio investasinya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Firmansyah, Muhammad Anang. Pemasaran (Dasar Dan Konsep). Indonesia: CV. Penerbit Qiara Media, 2019.

Grave, Anita De, Eko Edy Susanto, Dani Nur Saputra, and Ardhana Mahardhani. Metodologi Penelitian Kualitatif. Rake Sarasin, 2022. https://doi.org/10.31237/osf.io/jhxuw.

Hafsah, Ahmad Efendi, and Ilham Gani. “Analisis SWOT Terhadap Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan Murabahah.” Islamic Banking, Economic and Financial Journal 1 (2021): 87–101.

Hasni, Fikria, Ikhwan Hamdani, and Suyudi Arif. “Strategi Pemasaran Produk Tabungan Emas Dalam Upaya Menarik Minat Nasabah Pada Pegadaian Syariah Cabang Bogor Baru.” El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam 5, no. 2 (2021): 195–210. https://doi.org/10.47467/elmal.v5i2.722.

Miles, Matthew B., A. Michael Huberman, and Johnny Saldana. Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. SAGE Publication. 3rd ed. SAGE Publications, 2014.

Mujiono, Slamet. “Eksistensi Lembaga Keuangan Mikro: Cikal Bakal Lahirnya Bmt Di Indonesia.” Al Masraf: Jurnal Lembaga Keuangan Dan Perbankan 2, no. 2 (2017): 207–15.

Murdiyanto, Eko. Metode Penelitian Kualitatif (Sistematika Penelitian Kualitatif). Yogyakarta Press, 2020. http://www.academia.edu/download/35360663/METODE_PENELITIAN_KUALITAIF.docx.

Ningsih, Feby Yulia. “Pengaruh Penerapan Strategi Segmenting, Targeting, Dan Positioning Terhadap Pembiayaan Mikro Pada PT. BRI Syariah KCP Muara Bungo.” ISTIKHLAF: Jurnal Ekonomi, Perbankan Dan Manajemen Syariah 2, no. 2 (2020): 40–52. https://doi.org/10.51311/istikhlaf.v2i2.211.

Puspitarini, Dinda Sekar, and Reni Nuraeni. “Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi.” Jurnal Common 3, no. 1 (2019): 71–80. https://doi.org/10.34010/common.v3i1.1950.

Rokhilawati, Yeny. “Analisis Strategi Pemasaran Pada Produk Simpanan Mudharabah Di Bmt Nusantara Cabang Glenmor.” RIBHUNA : Jurnal Keuangan Dan Perbankan Syariah 1, no. 2 (2022): 1–11. http://ejournal.iaiibrahimy.ac.id/index.php/ribhuna/article/view/1512/885.

Rosyida, Afnani, Tian Heryani, Irfan Fuadi, and Halifa Dinia. “Strategy Segmenting, Targeting, and Positioning: Study on PT Sido Muncul.” Journal of Islamic Economic Scholar 1, no. 2 (2020).

Subhan, Muhamad. “Strategi Pemasaran Syari’Ah Pada Bmt Al-Amanah Dalam Meningkatkan Modal Dan Penyaluran Pembiayaan.” EkBis: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis 2, no. 1 (2019): 96. https://doi.org/10.14421/ekbis.2018.2.1.1083.

Zakiah, Siti. “Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan Bmt Di Kota Bogor Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah.” Universitas Islam Negeri Hidayatullah, 2018.

Downloads

Published

24-07-2024

How to Cite

Nur Syafika, Haslindah, and Muh. Hasbi Ash. Shiddiq. “Strategi Pemasaran Produk Investasi Peternakan Sapi Dalam Meningkatkan Pertumbuhan Aset (Studi Pada BMT Nahdliyin Gunung Lerang)”. An-Nisbah: Jurnal Perbankan Syariah 5, no. 2 (July 24, 2024): 172–186. Accessed July 27, 2024. https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/nisbah/article/view/2550.