Efek Pelayanan Prima, Moralitas Bisnis Islam, dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Muamalat Kantor Cabang Utama Malang

Authors

  • Sri Mulyani IAI Sunan Kalijogo Malang
  • Firda Indah Safitri Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang

Keywords:

Pelayanan Prima, Moralitas Bisnis Islam, Fasilitas, Kepuasan Nasabah

Abstract

Beberapa faktor yang memefeki kepuasan nasabah diantaranya diefeki oleh pelayanan prima, moralitas bisnis, dan fasilitas. Riset ini bertujuan menguji efek pelayanan prima, moralitas bisnis islam, dan sarana terhadap kepuasan pelanggan di Bank Muamalat KCU Malang baik secara parsial ataupun silmutan. Dalam studi ini digunakan metode kuantitatif. Populasi yang terdapat dalam penenlitian ini merupakan nasabah Bank Muamalat KCU Malang pada tahun 2023 sejumlah 5040 responden. Adapun teknik penentuan sampel menggunakan Random Sampling yang berjumlah 97 nasabah. Temuan dari riset ini menghasilkan variabel pelayanan prima mempunyai pengaruh pada kepuasan nasabah, variabel moralitas bisnis Islam tidak berefek secara parsial pada kepuasan pelanggan. Sementara itu faktor fasilitas berefek positif signifikan pada kepuasan pelanggan. Selain itu dalam riset ini ditemukan hasil bahwa pelayanan prima, moralitas bisnis Islam dan fasilitas secara bersamaan juga mempunyai pengaruh terhadap kepuasan nasabah di Bank Muamalat KCU Malang. Adapun sumbangan presentase yang diberikan oleh variabel pelayanan prima, moralitas bisnis Islam, dan fasilitas terhadap kepuasan nasabah memiliki sumbangan sebesar  75,4%, sementara itu faktor lain yang mempengaruhi kepuasan pelanggan yang  tidak dikaji dalam riset ini sebesar 24,6%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aksel. “Efek Pelayanan Prima Terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT. Bank Mandiri (Persero)Tbk Cabang Kartini Makassar.” Skripsi 6, no. 1 (2018): 1–8.

Atmaja, Jaka. “Mutu Pelayanan Dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Pada Bank BJB.” Jurnal Ecodemica 2, no. 1 (2018): 49–63.

Devi, Wulan Sri. “Efek Fasilitas Dan Mutu Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Bertransaksi Di Bank Aceh Syariah KCP Ulee Kareng” 21, no. 1 (2020): 1–9.

Hakim, and Selamat Muliadi. “Efek Mutu Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank Rakyat Indonesia Cabang Adisucipto Yogyakarta.” Jurnal (n.d.): 73–79.

Karim, Kasnaeny. “Kajian Mengenai Kepuasan Nasabah Bank Syariah Di Kota Makassar.” Fordebi 1, no. March 2017 (2017): 1–20.

Nawatmi, Sri. “Moralitas Bisnis Dalam Perspektif Islam [Business Ethics in Islamic Perspective].” Iqtishodiyah : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam 9, no. 1 (2010): 50–59.

Puspitasari, Ira. “Analisis Praktik Moralitas Bisnis Syariah (Studi Kasus Pasar Leuwiliang).” Amwaluna: Jurnal Ekonomi dan Keuangan Syariah 3, no. 1 (2019): 41–51.

Putritama, Afrida. “Penerapan Moralitas Bisnis Islam Dalam Industri Perbankan Syariah.” Nominal, Barometer Riset Akuntansi dan Manajemen 7, no. 1 (2018).

Rahma, Peggy, and Tanto Askriyandoko. “Efek Fasilitas Dan Mutu Pelayanan Terhadap Kepuasan Wisatawan Pada Goa Lowo Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek.” journal (2019): 180–194.

Reza, Ahmad Abdilla. “Efek Fasilitas Dan Pelayanan Bank Terhadap Minat Transaksi Di Bank Syariah Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam.” Skripsi 6 (2017).

Robyyanto, Pratama. “Analisis Pelayanan Prima Terhadap Kepuasan Nasabah Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Konter Layanan Priority Bank Syariah Mandiri Area Lampung).” Applied Microbiology and Biotechnology 2507, no. 1 (2020): 1–9.

Setiyani, Meita Sari. “Efek Mutu Pelayanan Prima Terhadap Tingkat Kepuasan Nasabah Pada PT. Surya Jaya Persada Mataram” (2020): 1–9.

Sondakh, Conny. “Mutu Layanan, Citra Merek Dan Efeknya Terhadap Kepuasan Nasabah Dan Loyalitas Nasabah Tabungan (Studi Pada Nasabah Taplus BNI Cabang Manado).” Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen 3, no. 1 (2014): 19–32.

Suhartono, Suhartono, Eka Putri Nur Azizah, Lukman Hakim, and Hartanti Hartanti. “Hubungan Pelayanan Prima Dengan Kepuasan Pelanggan Pt Kereta Api Indonesia (Persero) Pada Stasiun Pasar Senen (Studi Kasus: Ka Progo Pasar Senen-Lempuyangan Kelas Ekonomi).” Kolaborasi : Jurnal Administrasi Publik 5, no. 3 (2019): 262–273.

Suparman, Vina Islami, and Fera Nelfianti. Service Exellence, 2019.

Syahputri, Tyas Fariha, and Sri Abidah Suryaningsih. “Penerapan Moralitas Bisnis Islam Dalam Transaksi Jual Beli Sembako Di Pasar Kedurus Surabaya.” Jurnal Ekonomika dan Bisnis Islam 5, no. 1 (2022): 146–159.

Thursina. “Efek Penerapan Moralitas Bisnis Islam Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Toko Riyadh Store Di Banda Aceh.” Skripsi (2019).

Wati, Destiya, Suyudi Arif, and Abrista Devi. “Analisis Penerapan Prinsip-Prinsip Moralitas Bisnis Islam Dalam Transaksi Jual Beli Online Di Humaira Shop.” El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam 3, no. 1 (2021): 141–154.

Downloads

Published

24-07-2024

How to Cite

Sri Mulyani, and Firda Indah Safitri. “Efek Pelayanan Prima, Moralitas Bisnis Islam, Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Muamalat Kantor Cabang Utama Malang”. An-Nisbah: Jurnal Perbankan Syariah 5, no. 2 (July 24, 2024): 240–251. Accessed July 27, 2024. https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/nisbah/article/view/2619.