Strategi Pemasaran Pada Produk Bank Syariah Berbasis Digital Fintech dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan di Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Malang Jawa Timur

Authors

  • Sri Mulyani IAI Sunan Kalijogo Malang
  • Karisma Yulia Putri
  • Priatmojo Suryo Kuncoro

Keywords:

Strategi Pemasaran, Produk Bank Syariah, Digital Fintech, Kualitas Pelayanan, Bank Muamalat Indonesia

Abstract

Perkembangan teknologi digital telah mendorong transformasi industri perbankan, termasuk perbankan syariah. Bank Muamalat Indonesia KC Malang Jawa Timur sebagai salah satu bank syariah terdepan di Indonesia, terus berinovasi dalam meningkatkan kualitas pelayanannya melalui pemanfaatan teknologi digital fintech. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran produk bank syariah berbasis digital fintech dalam meningkatkan kualitas pelayanan di Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Malang Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam terhadap pimpinan, karyawan dan nasabah, dan dokumentasi pada Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Malang Jawa Timur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Malang Jawa Timur menerapkan strategi pemasaran marketing mix 9P dengan fokus pada beberapa aspek, yaitu: promosi, melakukan edukasi dan sosialisasi produk melalui berbagai media, seperti media sosial, website, dan seminar. Produk, mengembangkan produk yang inovatif dan sesuai dengan kebutuhan nasabah, seperti mobile banking, internet banking, dan e-money. Tempat, memperluas jaringan distribusi melalui kerjasama dengan berbagai pihak, seperti lembaga-lembaga ternama, marketplace, dan minimarket. Layanan, meningkatkan kualitas layanan dengan menyediakan layanan yang mudah diakses, cepat, dan aman. Strategi pemasaran produk bank syariah berbasis digital fintech yang diterapkan oleh Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Malang Jawa Timur telah efektif dalam meningkatkan kualitas pelayanan dan menarik minat nasabah. Hal ini terbukti dengan meningkatnya jumlah nasabah pengguna produk digital fintech Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Malang Jawa Timur. Namun, terdapat kendala yang dihadapi seperti kurangnya literasi digital pada nasabah dam kendala pada penggunaan layanan digital.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdussamad, Zuchri. Metode Penelitian Kualitatif, 2021.

Adeyani, Ika, and Tuti Anggraini. “Analisis Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan Pensiun Pada Bank Syariah Indonesia KCP Stabat” 3, no. 2 (2021): 47–66.

Ahyar, Hardani, Universitas Sebelas Maret, Helmina Andriani, Dhika Juliana Sukmana, Universitas Gadjah Mada, M.Si. Hardani, S.Pd., Grad. Cert. Biotech Nur Hikmatul Auliya, et al. Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif, 2020.

Haniq Malkan. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Nasabah Di Bmt Ash-Shaff Taman Indah Pringgarata Lombok Tengah” (2020).

Hasibuan, Effiati Juliana, and Taufik Wal Hidayat. “Strategi Komunikasi Public Relation Dalam Membangun Citra Dan Kepercayaan Calon Jemaah Haji Dan Umroh The Role of the Social Service in Dealing with the Problem of Social Violence Against Children in North Sumatra Province” 2, no. 1 (2020): 12–17.

IMELDA, TRI. “Strategi Pemasaran Bank Syari’ah Berbasis Digital Fintech Terhadap Pelayanan Nasabah (Studi Kasus: Bank Muamalat Kcp Metro).” Tugas Akhir, Metro : INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) METRO (2021).

Mahmudi. Pengaruh Kualitas Layanan Dan Citra Bait Al Māl Wa At-Tamwīl (Bmt) Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Anggota Tabungan Dalam Perspektif Islam Pada Bait Al-Māl Wa At-Tamwīl (Bmt) Di Kabupaten Bondowoso, 2022.

Nurhayati, Nurhayati. “Analisis Strategi Pemasaran Produk Tabungan Smart IB Pada Bank Sumut Kantor Cabang Pembantu Syariah Marelan Raya” 1, no. 4 (2023).

Perajaka, Maximus Ali. “Penerapan Model Manajemen Risiko Teknologi Digital Berkaca Pada Cetak Biru Transformasi Digital Perbankan Indonesia” (2021): 59–74.

Ridwan, Okky Rizal, and Caria Ningsih. “Analysis of the 11P Marketing Mix Strategy in the Healthy Food Catering Business” 8, no. 1 (2021): 32–42.

Rima, Nasution. “Strategi Pemasaran Produk Tabungan Ib Rencana Pada Pt Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuan” (2020).

Rokhilawati, Yeny. “Analisis Strategi Pemasaran Pada Produk Simpanan Mudharabah Di Bmt Nusantara Cabang Glenmor.” RIBHUNA : Jurnal Keuangan dan Perbankan Syariah 1, no. 2 (2022): 1–11. http://ejournal.iaiibrahimy.ac.id/index.php/ribhuna/article/view/1512/885.

Salim, Anisa. “Analisis Strategi Pemasaran Produk Easy Wadiah Pada Bank Syariah Indonesia Dalam Perspektif Marketing MIX” (2022).

Ulya, Zikriatul, Noer Zainora. “Kontribusi Pemikiran Muhammad Syafi’i Antonio Tentang Perbankan Syariah Dalam Menciptakan Kesejahteraan Ekonomi Di Indonesia Tentiyo.” J-Reb : Journal- Research of Economic dan Bussiness journal 1, no. 1 (2022): 12–24.

Widyawati, Sagita, and Muhammad Iqbal Fasa. “Analisis Strategi Promosi Terhadap Pengembangan Produk Perbankan Syariah” 1, no. 3 (2022).

Winarsih. “ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK PEMBIAYAAN PENSIUNAN PADA BANK SYARIAH MANDIRI KCP TRENGGALEK” (2020).

Yogi, Gilar Avi, and Gusril Basir. “Analisis Strategi Pemasaran Produk Cicil Emas Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Pada Bank Syariah Indonesia Lcp Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya Gilar” 2 (2023): 222–231.

Downloads

Published

25-01-2025

How to Cite

Sri Mulyani, Karisma Yulia Putri, and Priatmojo Suryo Kuncoro. “Strategi Pemasaran Pada Produk Bank Syariah Berbasis Digital Fintech Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Di Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Malang Jawa Timur”. An-Nisbah: Jurnal Perbankan Syariah 6, no. 1 (January 25, 2025): 17–41. Accessed January 29, 2025. https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/nisbah/article/view/3019.