Pengaruh Pembiayaan Bagi Hasil dan Pembiayaan Jual Beli terhadap Profitabilitas dengan Non Performing Financing (NPF) sebagai Variabel Intervening

Authors

  • Ainun Mufarida Institut Pesantren KH Abdul Chalim
  • Lu’lu’il Maknuun Institut Pesantren KH Abdul Chalim, Mojokerto, Indonesia
  • Rahman Yusri Aftian Institut Pesantren KH Abdul Chalim, Mojokerto, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51339/nisbah.v3i1.333

Keywords:

Pembiayaan bagi hasil, Pembiayaan jual beli, Profitabilitas, Non performing financing

Abstract

Pembiayaan merupakan suatu produk dalam dunia perbankan yang dinilai mampu meningkatkan profitabilitas. Akan tetapi produk pembiayaan juga dapat meningkatkan tingkat Non Performing Financing dalam suatu bank. Sehingga bank harus lebih berhati-hati dalam menyalurkan pembiayaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembiayaan bagi hasil dan pembiayaan jual beli terhadap profitabilitas dengan NPF sebagai variabel intervening pada bank umum syariah periode 2015-2019. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan tahunan bank umum syariah. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling yang menghasilkan sampel sebanyak 11 bank umum syariah dengan kurun waktu 5 periode. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah SmartPLS.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif signifikan pembiayaan bagi hasil terhadap profitabilitas. Terdapat pengaruh positif signifikan pembiayaan bagi hasil terhadap Non Performing Financing (NPF). Terdapat pengaruh positif signifikan pembiayaan jual beli terhadap Non Performing Financing (NPF). Terdapat pengaruh positif signifikan pembiayaan jual beli terhadap profitabilitas. Terdapat pengaruh negatif signifikan Non Performing Financing (NPF) terhadap profitabilitas.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

12-01-2022

How to Cite

Ainun Mufarida, Lu’lu’il Maknuun, and Rahman Yusri Aftian. “Pengaruh Pembiayaan Bagi Hasil Dan Pembiayaan Jual Beli Terhadap Profitabilitas Dengan Non Performing Financing (NPF) Sebagai Variabel Intervening”. An-Nisbah: Jurnal Perbankan Syariah 3, no. 1 (January 12, 2022): 22–40. Accessed May 21, 2024. https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/nisbah/article/view/333.