Analisis Faktor-Faktor Peminatan Masyarakat Desa Mindahan Kecamatan Batealit Terhadap Produk Pembiayaan Dan Tabungan Di Bank Syariah
Keywords:
Minat, Pembiayaan, Tabungan, Bank Syariah, Literasi KeuanganAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi peminatan masyarakat Desa Mindahan, Kecamatan Batealit, Kabupaten Jepara terhadap produk pembiayaan dan tabungan bank syariah. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan teknik wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Sebanyak 15 responden dipilih secara purposive sampling berdasarkan kriteria tertentu, seperti pengalaman dengan layanan perbankan Syariah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rendahnya minat masyarakat dipengaruhi oleh tiga faktor utama yaitu: (1) kurangnya pemahaman terhadap prinsip syariah, (2) aksesibilitas layanan yang terbatas, dan (3) stigma negatif terhadap bank syariah. Selain itu, prosedur administrasi yang dianggap rumit dan kurangnya promosi juga menjadi kendala utama. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan edukasi finansial, strategi promosi berbasis digital, serta penguatan kepercayaan melalui kolaborasi dengan tokoh masyarakat.
Kata Kunci: minat, pembiayaan, tabungan, bank syariah, literasi keuangan
Downloads
References
Anshori, A. G. Di Indonesia. Yogyakarta, 2009.
Fadhilah, D. “Pengaruh Pengetahuan Terhadap Minat Menabung Masyarakat Pesantren Di Bank Syariah.” Jurnal Bilal: Bisnis Ekonomli Halal 1, no. 2 (2020): 31–37.
Fatoni, A, A Addiarrahman, and E. S Sirelgar. “Analisis Rendahnya Minat Masyarakat Menjadi Nasabah Bank Syariah Desa Mekarsari Kecamatan Kumpeh Kabupaten Muaro Jambi.” Jurnal Penellitian Ilmu Ekonomi dan Keuangan Syariah 2, no. 1 (2024): 291–307.
Hasibuan, Abdul Nasser, and Nofinawati. Pemahaman Masyarakat Kota Padangsidimpuan Telntang Produk Perbankan Syariah. Tulungagung: Akademia Pustaka, 2021.
Ihsan, N, N Hadi, and M. I. S. Pratikto. “Analisis Minat Masyarakat Terhadap Perbankan Syariah Di Wilaylah Kecamatan Panceng Kabupaten Gresik.” Jurnal BAABU AL-ILMI: Ekonomi dan Perbankan Syariah 7, no. 1 (2024): 57–69.
Ismanto, K. “Literasi Masyarakat Dan Dampaknya Terhadap Minat Menjadi Nasabah Bank Syariah.” Literasi Masyarakat dan Dampaknya terhadap Minat Menjadi Nasabah Bank Syariah (2018).
Karim, A. A. Ekonomli Mikro Islam. 3rd ed. Jakarta: Rajawali Pers, 2007.
Maharsi, S, and Y Mulyadi. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah.” Jurnal Akuntansi dan Keuangan 9, no. 1 (2007): 18–28.
Nofinawati, N. “Akad Dan Produk Perbankan Syariah.” Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman 8, no. 2 (2014): 219–234.
Nurhayati, T, S Nuratifah, and U Wahrudin. “Analisis Minat Masyarakat Desa Tambakmekar Menggunakan Produk Perbankan Syariah.” Jurnal Perbankan Syariah Indonesia (JPSI) 2, no. 1 (2023): 27–35.
Rahmawati, E. N, N Kafid, and T Wijaya. “Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Minat Masyarakat Memlilih Produk Pembiayaan Pada Bank Syariah.” ’Ani lslam: Jurnal Kebudayaan dan Ilmu Keislaman 10, no. 1 (2017): 1–24.
Slameto, B. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rieneka Cipta, 2010.
Soemitra, A. Bank Dan Lembaga Keuangan Syariah, 2010.
Sulhan, M, and S Siswanto. Manajemen Bank: Konvensional Dan Syariah. UIN-Maliki Press, 2008.
Yuda, P. “Analisis Pengaruh Literasi Keuangan Syariah Terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Produk Perbankan Syariah (Studi Pada Bank BSI Di Kotabumi Lampung Utara).” Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, 2021.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Fitri Novita Sari, Wahidullah, Zahrotun Nafisah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.