Peluang Investasi Emas Jangka Panjang Melalui Produk Pembiayaan Cicil Emas (Studi Kasus pada Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Bengkulu Adam Malik)
DOI:
https://doi.org/10.51339/nisbah.v6i2.3634Keywords:
Investasi Emas, Jangka Panjang, Pembiayaan Cicil Emas, Bank Syariah IndonesiaAbstract
Investasi emas menjadi pilihan utama masyarakat karena nilainya yang cenderung stabil dan tidak terpengaruh inflasi. Namun, keterbatasan modal menjadi kendala utama masyarakat dalam berinvestasi emas secara tunai. Bank Syariah Indonesia menghadirkan produk pembiayaan cicil emas sebagai solusi bagi masyarakat yang ingin beinvestasi emas secara bertahap yang sesuai dengan prinsip syariah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peluang investasi emas jangka panjang melalui produk pembiayaan cicil emas yang ada di BSI KC Bengkulu Adam Malik. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa produk cicil emas memiliki peluang besar sebagai instrumen investasi jangka panjang dengan skema pembayaran yang lebih fleksibel dibandingkan pembelian emas secara tunai sehingga dapat membantu masyarakat yang ingin memiliki emas yang terkendala dengan modal. Namun, kendala dalam pengembangannya yaitu masih kurangnya sosialisasi produk kepada masyarakat luas dan keterbatasan finansial masyarakat yang belum mampu menjangkau produk ini dan juga menggunakan DP 20%. Oleh karena itu, diperlukan strategi pemasaran yang lebih unggul untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai manfaat investasi emas melalui skema pembiayaan syariah.
Downloads
References
Ahsanah, Dina Nudia. “Emas Sebagai Instrumen Investasi Jangka Panjang.” Jurnal Kajian Ekonomi Hukum Syariah 8, no. 1 (2022): 177–187.
Budiman, Johny, Yulfiswandi, Ellen, Florentina Jasmine, Kelvin, and Lovis Vernando. “Peluang Investasi Emas Jangka Panjang Melalui Produk Cicil Emas BSI.” JPEK (Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan) 7, no. 1 (2023): 14–23.
Fauziah, Anggriani, and Mintaraga Emas Surya. “Peluang Investasi Emas Jangka Panjang Melalui Produk Pembiayaan BSM Cicil Emas (Studi Pada Bank Syariah Mandiri Kc Purwokerto).” Islamadina : Jurnal Pemikiran Islam 17, no. 1 (2016): 57–70.
Hikmawati, Fenti. Metodologi Penelitian. Depok: PT Rajagrafindo Persada, 2020.
Ibrahim, Azharsyah. Metodologi Penelitian Ekonomi Dan Bisnis Islam. Banda Aceh: Ar-Raniry Press, 2021.
Setiawan, Romi Adetio. “Peranan Pasar Modal Dalam Perekonomian Ummat Islam.” Al-Intaj: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah 1, no. 2 (2015): 37–51.
Setiawan, Romi Adetio. The Future of Islamic Banking and Finance in Indonesia: Performance, Risk and Regulation. London: Routledge, 2023.
Sholeh, Mohammad. “Emas Sebagai Instrumen Investasi Yang Aman Pada Saat Instrumen Investasi Keuangan Lain Mengalami Peningkatan Resiko.” Jurnal Hasil Riset (2014): 1–20.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta. Bandung. Vol. 7. Alfabeta, 2013.
Tanjung, Muhammad Rawi. “Strategi Pemasaran Produk Cicil Emas Pada Pt. Bank Syariah Mandiri Kcp Kampung Pajak.” Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Padangsidimpuan, 2014.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rahmadhani Aulia, Romi Adetio Setiawan, Yunida Een Fryanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.