Implementasi Manajemen Dana pada Bank Syariah

Authors

  • Sri Mulyani Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang
  • Siti Jamilah Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang

DOI:

https://doi.org/10.51339/nisbah.v3i1.387

Keywords:

Manajemen, Dana, Bank Syariah

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mengkaji impelementasi manajemen dana pada bank syariah. Pengelolaan dana Bank Syariah merupakan upaya untuk mengarahkan posisi dana yang diterima bank syariah dari kegiatan mengumpulkan dana menyalurkan dana dalam bentuk pembiayaan sehingga bank syariah tetap mampu memenuhi kriteria-kriteria likuiditas, rentabilitas dan solvabilitas.
Sumber pendanaan bank syariah diantaranya berasal dari dana sendiri, Dana Pihak Ketiga (DPK) dan dana pinjaman. Dana bank syariah bisa berasal dari modal yaitu modal inti (core capital), kuasi ekuitas (Mudharabah Account), dan dana titipan (wadiah). Sementara itu penggunaan dana pada bank syariah terdiri atas pengeluaran untuk Earning Assests dan Non Earning Assets. Metode yang digunakan bank syariah didalam mengalokasikan dananya dibedakan menjadi dua pendekatan dengan mempertimbangan sumber dana yang diperoleh bank syariah yaitu Pool of fund approach dan Asset allocation approach.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

13-01-2022

How to Cite

Sri Mulyani, and Siti Jamilah. “Implementasi Manajemen Dana Pada Bank Syariah”. An-Nisbah: Jurnal Perbankan Syariah 3, no. 1 (January 13, 2022): 41–51. Accessed July 3, 2024. https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/nisbah/article/view/387.